APRS pada Amatir Radio (bagian pertama)

APRS atau disebut dengan Automatic Packet Reporting System merupakan salah satu mode komunikasi digital yang ada pada Amatir Radio, infomasi APRS dalam bentuk paket data yang ditrasmisikan melalui Radio Frekwensi berisikan koordinat lokasi berdasarkan posisi GPS, telemetri Weather Station(suhu, tekanan udara, kelembaban, intensitas sinar matahari, arah angin, curah hujan dll). Teknologi APRS dikembangkan oleh Bob Bruninga WB4APR, Bob silent key pada 7 Februari 2022 di usia 73 tahun, beliau adalah pensiunan dari USNA(United State Naval Academy) sebagai Senior Research Engineer.

Pemanfaatan APRS saat ini masih sering kita jumpai, mengingat beberapa radio lama dan terbaru masih menyematkan fitur APRS, baik itu APRS pada radio analog maupun pada radio digital. APRS masih popular karena disamping paket data yang cukup pendek juga dapat memberikan infomasi koordinat suatu lokasi secara akurat dengan berulang secara otomatis dan irit daya

Hal ini penting digunakan pada personil SAR, pendaki gunung, penjelajah dan lain-lain, dengan APRS memudahkan memberikan keberadaan personil secara presisi dengan hanya menggunakan perangkat mobile portable secara otomatis tidak memerlukan QSO sehingga dapat menghemat baterai pada perangkat radio komunikasi.

APRS juga tidak susah apabila kita ingin mengembangkan penggunaan-nya baik untuk Personal maupun mobile Tracker, WX Station dan I-Gate(Internet Gateway) Station, dengan biaya yang murah dan modul pendukung yang mudah di dapat, tidak ada salah-nya untuk kita coba dalam rangka menggali dan mempelajari lebih dalam infomasi tetang APRS baik fitur maupun manfaat-nya.

APRS dalam menampilkan telemetri Weather Station, dapat memberikan infomasi untuk prediksi cuaca pada lokal/area dimana WX Station berada, sehingga masyarakat umum bisa mengetahui informasi WX secara langsung dan apabila diperlukan bisa dilakukan antisipasi terhadap perubahan cuaca yang drastis.

 

Translate »