UNAR di Curup, Anggota ORARI Lokal Rejang Lebong Bertambah

Sebanyak 35 orang mengikuti Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) di Curup yang diselenggarakan oleh Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Bengkulu, Minggu 18 Februari 2024. Bertempat di Laboratorium Komputer SMAN 1 Rejang Lebong Jl Basuki Rahmat Curup ini didukung oleh ORARI Rejang Lebong sebagai tuan rumah.

Sebagaimana diketahui UNAR atau Ujian Negara Amatir Radio merupakan tes yang harus diikuti oleh setiap warga negara yang ingin memiliki IAR (Izin Amatir Radio) sebagai lisensi menggunakan frekuensi radio di band amatir. Melihat potensi perkembangan penggiat radio komunikasi di Rejang Lebong dan sekitarnya terus meningkat, Balmon SFR Kelas II Bengkulu secara rutin setiap tahun menyelengarakan UNAR Non-Reguler di Kota Curup.

Hadir dalam pembukaan UNAR antara lain Zamzami, SE, MM YB4PZ selaku Ketua ORARI Lokal Rejang Lebong bersama DPP dan Pengurus, M. Azhari sebagai Ketua Tim Kerja Pemeliharaan Infrastruktur Sistem Monitoring Frekuensi Radio dan Konsultasi Publik, dan perwakilan SMA Negeri 1 Rejang Lebong Three Rahmat Taufik, S.Pd. Sedangkan UNAR sendiri diikuti selain peserta dari Rejang Lebong juga datang dari kabupaten Lebong, Musi Rawas, Muratara dan kabupaten tetangga Kepahiang.

“Setiap pengguna frekuensi radio wajib memiliki Izin dari pemerintah dalam hal ini SDPPI Kemenkominfo agar tidak salah menggunakan bandplan, kami menyambut baik dan ucapan terima kasih kepada Balmon SFR Bengkulu yang telah memberikan perhatian lebih kepada pengguna frekuensi khususnya anggota ORARI di Rejang Lebong”, pungkas Zamzami.

Sementara itu Laboratorium SMA Negeri 1 Rejang Lebong telah menjadi tempat UNAR sejak 2021-sekarang, berharap memberikan kontribusi pelayanan dalam penyediaan peralatan UNAR dengan sistem CAT.

35 peserta UNAR berhasil lulus semua dengan nilai memuaskan dan berhak memiliki Callsign atau tanda panggil sebagai lisensi Izin Amatir Radio (IAR), kesemuanya ujian tingkat Siaga. (YC4RWH)

Translate »