Anggota ORARI Lokal Kabupaten Banyumas Buka Puasa Bersama Ramadhan 1445 Hijriah

BANYUMAS – Anggota ORARI Lokal Kabupaten Banyumas, menggelar buka puasa bersama, Sekaligus Arisan dan Silaturahmi. Kegiatan bertempat di Rumah Literasi Purwokerto yang berlokasi di Jl A Yani, Barat RS Geriyatri Purwokerto, dengan kordinator kegiatan Nunung Sabartian (YD2DNN), Jum’at (15/03/2024) malam.

Acara dihadiri oleh peserta arisan, anggota dan pengurus dan simpatisan ORARI Lokal Kabupaten Banyumas.

Sebelum buka bersama acara dibuka dengan ramah tamah, pada pukul 16:45 WIB, Mauidoh Hasanah disampaikan oleh ustadz Andy Istianto (YD2CTR) di Rumah Literasi, ketika adzan maghrib berkumandang semua yang hadir pun membatalkan puasa bagi yang menunaikan puasa ramadhan, dilanjutkan sholat magrib berjamaah dan H. Sabar pambudi (YC2BOR) didapuk sebagai Imam.

Mauidoh Hasanah yang disampaikan Andy Istianto (YD2CTR), tentang ketakwaan, keimanaan, hikmah ramadhan, hikmah rajin bersilaturrahmi, meningkatkan kinerja sosial kemanusiaan dan disiplin berorganisasi, bersemangat untuk membayar zakat, menunaikan infaq sedekah, dan juga hal-hal yang berhubungan dengan surga atau neraka. Yang dihiasi dengan dalil-dalil tekstual agama dan relijius.

Kordinator Silaturrahmi dan arisan Nunung Sabastian (YD2DNN), menyampaikan tujuan dari diadakannya kegiatan ini, dan khusus bulan ramadhan dilengkapi dengan agenda buka bersama, sholat maghrib, Isya’ dan Tarowih berjamaah, tentunya untuk merawat silaturahmi sahabat, teman peserta arisan, dan sarana ta’aruf antara pengurus, anggota ORARI Lokal Kabupaten Banyumas.

Setelah sholat Maghrib, dilanjutkan menikmati aneka hidangan buka puasa, dan makan malam, diteruskan sholat Isya’ dan Tarawih bersama di mushola bambu yang berada dilingkungan taman Literasi Purwokerto

“Saya berharap dengan adanya buka bersama ini mampu memupuk rasa persatuan dan persaudaraan antar sesama pecinta kegiatan amatir radio di wilayah kabupaten Banyumas. Semoga kedepannya kegiatan seperti terus dapat dirasakan kemanfaatanya dan menjadi ajang rutin bersilaturrahmi yang berkesinambungan sekali dalam satu bulan, ” harapnya.

Untuk diketahui bersama, tidak ada dalil spesifik yang menganjurkan buka bersama saat Ramadhan karena yang ada adalah anjuran memberikan makanan berbuka untuk orang lain, terlebih dhuafa. Namun, buka bersama momentum Ramadhan untuk merekatkan persaudaraan, soliditas, dan lainnya merupakan acara yang baik dan positif didasarkan pada tuntunan umum, baik ayat maupun hadis.

Di antaranya, hadis Rasulullah SAW: “Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, baginya pahala orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun” (HR Tirmidzi dan Ibn Majah).

Catatan arisan putaran ke-1 di rumah YB2GS, yang dapat YC2LEI, YD2RML dan YG2ELI. Putaran ke-2 di rumah YD2RML, yang dapat YD2MUI, YC2GKK dan YD2BJK. Putaran ke-3 di rumah YC2GKK, yang dapat YC2GKO, YD2IHX dan YD2DIO. Putaran ke-4 di rumah YC2GKO,yang dapat YC2HZR, YD2DDU dan YD2HTS. Putaran ke-5 di rumah YC2HZR, yang dapat YD2IER, YF2DOI dan YC2POL. Putaran ke-6 di rumah YD2IER, yang dapat YB2GAS, YD2CTR dan YD2DNN. Putaran ke-7 di rumah Literasi Purwokerto, yang dapat YB2ILU, YC2KOE dan YD2CYI. Putaran ke-8 di rumah Literasi Purwokerto bersamaan dengan bukber puasa ramadhan, yang dapat YC2AE, YC2LOZ dan YD2KIL dan putaran ke-9 direncanakan di rumah YC2KIL pada tanggal 28 April 2024. (Djarmanto-YF2DOI).

Translate »