Peran ORARI Lokal Bojonegoro Pada Peringatan HKBN 2023

(Bojonegoro, 16 Mei 2023) Berdasarkan surat dari Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro Nomor : 360/1058/412.306/2023. ORARI Lokal Bojonegoro ikut berpartisipasi dan mendukung Peringatan Hari Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2023 di Kabupaten Bojonegoro.

Untuk mendukung kelancaran berlangsungnya kegiatan tersebut Ketua ORARI Lokal Bojonegoro, SUWITO – YB3GEH dan anggotanya langsung bergerak menyiapkan peralatan yang diperlukan dibidang komunikasi selama dua hari. Dimana harus menyiapkan empat stasiun bergerak di dua kecamatan dan empat desa pinggiran Bengawan Solo agar bisa terhubung dengan pusat kegiatan HKBN Tahun 2023 Kabupaten Bojogoro di Lapangan Tembak Kodim 0813 Bojonegoro di desa Banjarsari Kecamatan Trucuk. Yaitu melalui Repeater Induk ORARI Lokal Bojonegoro – YH3AWR pada frekuensi 146.740MHz.

Pada hari Selasa tanggal 16 Mei 2023 Jam 16.00 WIB di Lapangan Tembak Kodim 0813 Bojonegoro, sebagai tempat pusat pengungsian pada Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Banjir dimulai. Dalam hal ini ORARI Lokal Bojonegoro berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro bertanggungjawab menyediakan komunikasi dua arah dari pusat tempat pengungsian ke/dari desa Sarirejo, Mulyorejo dan Pilanggede Kecamatan Balen yang berjarak sekitar dua puluh lima kilo meter. Radio digunakan sebagai sarana komunikasi untuk laporan situasi terkini dan tindakan yang diperlukan dalam evakuasi bencana termasuk untuk mengetahui ketersediaan logistik. Disinilah peran ORARI sangat diperlukan dalam kondisi darurat, untuk melakukan dukungan komuikasi yang cepat, tepat, akurat dan berintegritas.

Acara berlangsung sekitar satu jam dan simulasi komunikasi antar lokasi bencana pada empat titik berjalan lancar yang disaksikan dan didengarkan langsung oleh Direktur Sistem Penanggulangan Bencana BNBP, Agus Riyanto yang hadir di pusat Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Banjir di Banjarsari Bojonegoro.

Contributor By : Om Ali Nurkhamid – YF3ALI

Editing By : Kak Reyhan H. – YC0RWL

Translate ¬Ľ