ORARI Lokal

Kegiatan Latihan Bersama Walking ARDF ORARI Lokal Bantul Dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Bantul Ke 192

(Bantul, 19 Juli 2023) Bertepatan dengan hari libur 1 Muharam 1445 H, ORARI Daerah Istimewa Yogyakarta Lokal Bantul menyelenggarakan kegiatan Latihan bersama walking ARDF atau Amatuer radio Direct Finding atau lebih dikenal juga dengan istilah Fox Hunting. Walking ARDF ini merupakan salah satu kegiatan di amatir radio yang menggabungkan ketrampilan dalam mencari sebuah sinyal dari radio yang disembunyikan di tempat tertentu menggunakan antena pengarah dengan kegiatan olahraga jalan kaki.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten Bantul yang ke 192 dan diikuti lebih dari 80 peserta dari Jateng dan DIY yang terbagi dalam kelas peserta anggota Orari dan Kelas Pramuka. Kegiatan ini juga untuk menumbuhkan minat kegiatan amatir radio pada anak anak pramuka khususnya di Bantul serta DIY dan Jateng.

Latihan bersama ini memperebutkan Tropy dan uang pembinaan total 2 Juta rupiah. Dalam pelaksanaan kegiatan ini Bupati Bantul Drs H Abdul halim Muslih akan membuka dan mengibarkan bendera start untuk peserta dari halaman rumah dinas Bupati Bantul yang akan dimulai Jam 09.00 dan akan berakhir pada 13.00 WIB. Bebeapa peserta yang sudah konfirmasi untuk ikut kegiatan ini antara lain datang dari Orari dan pramuka Gunungkidul , Kulon Progo, Sleman, Karanganyar, Klaten, Magelang, Temanggung dan Semarang.

Selain menjadi forum silaturahmi antar anggota amatir dan pramuka se DIY dan Jateng, Target utama dari kegiatan ini juga untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan anggota Orari dalam cabang kegiatan walking ARDF serta memperkenalkan kegiatan amatir radio yang menarik bagi anggota pramuka sehingga kedepan mereka akan menjadi generasi penerus Orari dimasa yang akan datang.

Selain kegiatan latber walking ARDF ini akan dilaksanakan juga kegiatan Special Event Station ( SES) 8G192BTL atau pemanggilan semua anggota amatir di radio di seluruh call area di Indonesia dalam rangka hari jadi Kab. Bantul ke 192 yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2023 dengan menggunakan freq 2 Meter band, 40 M Bandbaik mode SSB /phone, mode digital FT 8 dan mode CW.

Kegiatan yang terakhir yang akan dilakukan yaitu Sarasehan Orari bantul dari Masa Ke Masa yang kan dilaksanakan pada 22 Juli 2023 jam 19.30 -22.00 di Pendopo rumah Dinas Bupati Bantul. Semua kegiatan rangkaian hari jadi Kabupaten Bantul ini terpusat di Komplel Rumah Dinas Bupati Bantul.

Contributor By : Om Fauzi – YC2UYY

Editing By : Kak Reyhan H. – YC0RWL

Translate ¬Ľ