ORARI Daerah

Dukungan Komunikasi Idul Fitri 1444H/2023M ORARI Daerah Jawa Timur

(Surabaya, 2 Mei 2023) Berdasarkan Radiogram Ketua Umum Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI), YB0DX tanggal 3 April 2023 Nomor: 097/OP-I/ORPUS/IV/2023 dan diterbitkannya Petunjuk Pelaksanaan Dukungan Komunikasi (DUKOM) Idul Fitri 2023 oleh Sekretaris Jenderal ORARI, YB3DY tanggal 7 April 2023 Nomor : 098/OP-II/ORPUS/IV/2023.

Ketua ORARI Daerah Jawa Timur, Om SOEBANDI SOEGITO, SH.MH – YB3VO langsung gerak cepat melakukan koordinasi dengan seluruh Ketua ORARI Lokal se-Jawa Timur, salah satunya melalu zoom meeting. Dimana ORARI Lokal untuk bergabung di Pos Terpadu Pengamanan Idul Fitri 1444 H/2023 yang telah dibentuk Kepolisian Resor masing-masing kabupaten/kota.

Ketua ORARI Daerah Jawa Timur memberikan tugas kepada seluruh anggota ORARI Daerah Jawa Timur untuk ikut melakukan DUKOM dan menyampaikan berita ketika mengetahui suatu peristiwa yang ditemui ke petugas DUKOM di Pos Terpadu. Dan masih menurut beliau petugas DUKOM mempunyai dua tugas : “Pertama menyampaikan berita yang diperoleh, langsung pada petugas/aparat yang berkepentingan dibidangnya, Kedua menyampaikan laporan DUKOM ke ORDA Jatim melalui roll call pada frekuensi 146.660 MHz mulai pukul 15.00 WIB setiap hari. Hal ini dilakukan untuk menanamkan rasa tanggung jawab sebagai amatir radio yang sampai saat ini masih dibutuhkan perannya.” Imbuhnya dari wawancara Sekretaris Jenderal ORARI, YUSUF BUDHYANTO – YB3DY dengan Ketua ORDA Jatim YB3VO.

Di ORDA Jatim pelaksanaan DUKOM dimulai tanggal 17 April sampai dengan 1 Mei 2023 dimana setiap ORARI Lokal dianjurkan oleh Ketua ORDA Jatim untuk mengirimkan foto-foto setiap kegiatan di WhatsApp Grup Pengurus se-Lokal JATIM selain laporan melalui roll call yang dipandu oleh Ketua Bidang Operasional dan Teknik, SYAMSUL ARIFIN – YB3GZS dan Ketua Bagian Operasional, EDI HARI PURNOMO – YB3EDD.

Ketika pelaksanaan DUKOM, dilaporkan oleh ORARI Lokal Malang Raya bila posnya dikunjungi oleh Kapolres, Walikota, Ketua DPRD dan Dandim; Lokal Bojonegoro dikunjungi Kapolres dan Bupati; Nganjuk dikunjungi Kapores; Lokal Jember mendapat kunjungan dari POLDA; serta Lokal Surabaya dikunjungi oleh Balai Monitoring Kelas I Surabaya. Kemudian selama DUKOM dilaporkan tidak ada insiden/peristiwa yang berarti, sehingga bisa dikatakan aman, lancar dan terkendali.

Pada kesempatan ini juga kami umumkan tiga ORARI Lokal teraktif menyampaikan informasi selama DUKOM Idul Fitri 1444 H / 2023 : 1. ORARI Lokal Malang Raya, 2. ORARI Lokal Kanjuruhan dan, 3. ORARI Lokal Bojonegoro berdasarkan pengiriman laporan berupa foto dan aktifnya mengikuti roll call. Untuk tanda apresiasi, Sekretaris ORARI Lokal Malang Raya, HARRY SULISTIANTO – YC3FUR dan Ketua ORARI Lokal Kanjuruhan, PARWATI WENDA S.PD – YC3BNI kami wawancarai tentang suka/dukanya melalui sarana WhatsApp. Dimana HARRY SULISTIANTO – YC3FUR, mengatakan “senang bisa ikut berpartisipasi, meluangkan waktu membantu masyarakat.” imbuhnya. Sedangkan PARWATI WENDA S.PD – YC3BNI mengatakan “ini DUKOM terlama dan karena Kabupaten Malang wilayahnya luas sehingga harus membuka tiga pos yaitu di Karangploso, Pujon, dan Ngantang. Tapi semuanya bisa dilakukan dengan senang dan ikhlas.” imbuhnya.

Tanggal 1 Mei 2023 pada malam terakhir DUKOM Ketua ORARI Daerah Jawa Timur, SOEBANDI SOEGITO, SH.MH – YB3VO dan Ketua ORARI Lokal Malang Raya, ENDAH WINARTI – YB3VI mengunjungi pos DUKOM. Dalam kesempatan itu Ketua ORDA Jatim mengucapkan “Terima Kasih pada seluruh anggota ORARI di Jawa Timur yang dengan ikhlas dan sukarela meluangkan waktu untuk melaksanakan DUKOM Idul Fitri sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.” imbuhnya.

Tulisan ini disampaikan sebagai laporan pada Ketua Umum ORARI.

Contributor By : Om Ali Murkhamid, S.SOS – YF3ALI

Editing By : Kak Reyhan H. – YC0RWL

Translate ¬Ľ