Sejarah Baru ORARI terlahir di Kalimantan Utara

Suasana pagi yang dingin masih menyelimuti kota Malang dan sekitarnya, hari itu Jumat 11 Maret 2022, Yusuf Budhyanto, SH-YB3DY sudah bersiap melakukan tugasnya untuk mengemban atas mandat yang diberikan oleh Ketua Umum ORARI, Donny Imam Priambodo untuk menjadi saksi sejarah atas terbentuknya ORARI Dareah Kalimantan Utara.

Kalimantan Utara (atau disingkat sebagai Kaltara) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, yaitu Negara Bagian Sabah dan Sarawak. Pusat pemerintahan Kalimantan Utara saat ini berada di Tanjung Selor, bersama dengan pusat pemerintahan Kabupaten Bulungan. Saat ini Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda Indonesia yang resmi disahkan menjadi provinsi dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012. (Sumber Wikipedia).

Demikian juga dengan ORARI, organisasi besar yang menghimpun para amatir radio juga terbentuk di provinsi ini. Setelah menunggu sekian lama, momen sejarah ini akhirnya tiba pada hari Sabtu 12 Maret 2022 di Kota Tarakan, ORARI Daerah Kalimantan Utara terbentuk.

Dengan dukungan 4 ORARI Lokal yaitu Lokal Kota Tarakan, Kab. Malino, Kab. Tanah Tidung dan Lokal Kab. Bulungan, Musda pertama ORARI Daerah Kaltarapun akhirnya terlaksana dan terbentuk susunan Pengurus ORDA Kaltara.

Suasana keakraban dan penuh kekeluargaan tercermin pada peserta Musda Pertama Kaltara. Pembentukan Orda Kaltara juga didukung oleh Indra Sofany, S.T, M.H-YG7UFT Selaku ketua Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Tanjung Selor. Respon positif atas pemebentukan ORDA Kaltara juga hadir dari pemerintah Daerah Kaltara dan Kalimantan Timur serta acara dihadiri juga oleh segenap perwakilan pimpinan Daerah serta sesepuh para amatir radio

Persiapan penyelenggaraan pembentukan ORDA Kaltara sudah sejak 2 bulan sebelumnya dipersiapan dengan waktu dan pikiran agar berjalan dengan baik dan sesuai peraturan yang ada.

Yusuf Budhyanto selaku Sekretaris Jenderal ORARI yang mewakili Ketua Umum ORARI akhirnya mengukuhkan kepengurusan ORDA Kaltara Masa Bakti 2022-2027 dengan susunan :

DEWAN PENGAWAS DAN PENASEHAT :
1. Ketua DPP Merangkap Anggota : Drs. Datu Buyung Perkasa M.Pd – YG7UACZ
2. Sekretaris Merangkap Anggota : Hasan Basri-YF7UADF
3. Anggota-anggota : Mochtar-YF7UABD, Maharani-YG7UAGN, Darham-YG7UFO

PENGURUS :
Ketua : Arif Suprabowo-YG7UAFU

Pada Sabtu 12 Maret 2022, sebelum melakukan Musda Yusuf Budhyanto juga melakukan pembinaan dan pembekalan kepada para calon Amatir Radio yang akan mengikuti UNAR tanggal 13 Maret 2022 di Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Tanjung Selor. Jadwal padat tak terasa terbayar dengan keberhasilan sebuah rencana hingga akhirnya kita semua memetik hasil apa yang sudah kita rencanakan sebelumnya. Semoga rangkaian kegiatan ini menjadi bukti nyata bagi kita semua untuk ORARI semakin baik. Selamat kepada ORARI Daerah Kalimantan Utara semoga Amatir Radio semakin handal dapat terwujud.(/2CQO)

Translate »