Bimtek Satelit event MUSDA VIII ORDA DIY

Bimtek Satelit event MUSDA VIII ORDA DIY dilakukan di Gardu Pandang Kaliurang hari Minggu 13 Maret 2022 diikuti dari berbagai daerah.

MUSDA VIII ORDA DIY dilakukan di @K Hotel Kaliurang 13 Maret 2022, dengan demeriahkan berbagai kegiatan. Kegiatan untuk memeriahkan MUSDA DIY diantaranya adalah, Special Call 8G2DIY, ARDF /Fox Hunting, Bazar, Bimtek Satelit, eyeball QSO dan lain-lain.

Acara Bimtek Satelit terpisah dengan lokasi musyawarah yang jaraknya hanya satu kilo meter dari ruang sidang yaitu Gardu Pandang Kaliurang.

Dalam Bimtek ( Bimbingan Teknis) komunikasi via Satelit diikuti oleh 28 anggota Amatir Radio dari berbagai lokal dan daerah.

Pemateri disampaikan oleh Ketua Bidang Satelit ORARI Pusat Suryono p. Adisoemirat Ph.D YD0NXXEdy Karsono,SE YC2YIZ dan Galih Suryananto,SE YC2VOC. Dalam materi bimtek disampaikan secara detail oleh para pemateri mulai sejarah dan pengenalan satelit dari dasar-dasar teknik komunikasi menggunakan satelit.

Hadir juga Kepala Pusteksat Organisasi Penerbangan dan Antariksa – BRIN Dr.Ing Wahyudi Hasbi YC1PRY yang juga menyampaikan beberapa materi seputar satelit.

Materi BIMTEK Satelit tentang Prosedur Komunikasi menggunakan Satelit IO-86 juga dikupas tuntas secara detail oleh Om Yono YD0NXX . Peserta juga dikenalkan macam-macam antena dan di ajarkan cara membuat antena sederhana untuk komunikasi satelit oleh Om Edy Karsono YC2YIZ. Peserta BIMTEK juga melakukan praktek pembuatan antena darurat dengan bahan-bahan sederhana dan murah.

Bimtek Satelit Kaliurang event MUSDA VIII ORDA DIY

Slain teori peserta juga melakukan praktek untuk menggunakan satelit LAPAN-A2/IO-86 dengan slot khusus VR demo BIMTEK dan Komsat.

Sesuai jadwal satelit pada tanggal 13/03/2022 jam 14.47-15.07 WIB peserta melakukan demo atau praktek cara komunikasi menggunakan satelit. Dalam praktek juga dibantu oleh anggota muda Amatir Radio Youngsters On The Air (YOTA) yaitu Mas Clevo YD2UUJ.

Salah satu peserta Bimtek dari ORARI Lokal KendalNur Asikin YD2BUS mengatakan merasa senang dan puas dengan mengikuti kegiatan tersebut. Nur Asikin bersama peserta lainnya dari berbagai daerah yang mengikuti BIMTEK diberikan penghargaan sertifikat BIMTEK.

Sumber : https://yc2tfb.net/2022/03/15/bimtek-satelit-event-musda-viii-orda-diy/

Translate »