ORARI Lokal

ORARI Banyumas Hadir, Deklarasi Pemilu Damai, FBE Harapkan Kondusifitas Banyumas Terjaga

BANYUMAS – Ikhtiar wujudkan Banyumas yang kondusif dan bermartabat serta sukseskan pemilu 2024, Forum Banyumas Eling (FBE) bersama Pemerintah Kabupten Banyumas, dan Forkopimda, menggelar Deklarasi Pemilu Damai dan silaturrahmi organisasi kemasyarakatan se-Kabupaten Banyumas yang tergabung dalam FBE, di Aula Menara Pandang Purwokerto, Minggu (17/12/2023) pagi.Kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan Pemilu aman, nyaman dan kondusif. Pembacaan deklarasi damai dipimpin Ketua FBE Banyumas Yudo F Sudiro S.H. M.H., dan ditirukan oleh 221 ormas yang hadir dan para pembina FBE.

“Deklarasi Pemilu Damai Organisasi Kemasyarakatan se- Kabupaten Banyumas. Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Kami Organisasi masyarakat Yang Tergabung dalam Forum Banyumas Eling menyatakan komitmen: 1). Mewujudkan pemilu dan pemilihan serentak Tahun 2024 yang berkualitas, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil; 2). Menaati peraturan dan ketentuan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024, serta menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI; 3). Saling menghormati dan menghargai perbedaaan pilihan politik, serta menggunakan media sosial secara bijak dan bertanggungjawab; 4). Berpartisipasi aktif mewujudkan kabupaten Banyumas yang kondusif, damai, dan toleran, dalam mensukseskan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024; 5). Menolak dengan tegas politik yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” ucap Ketua FBE, diikuti seluruh anggota ormas yang hadir.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Penjabat (Pj) Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, Forkopimda, Ketua KPU, Ketua BAWASLU / Panwas Pemilu, Kemenag, FKUB, Ketua, pengurus dan perwakilan anggota ormas se-kabupaten Banyumas, serta tamu undangan lainnya.

Di awal acara, seluruh peserta yang hadir mengamini do’a yang dipimpin oleh Unsur Kemenag Banyumas, dilanjutkan secara serentak mengucap deklarasi pemilu damai, dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama yang dilakukan oleh Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro, Ketua FBE, Forkopimda, Kemenag, Bawaslu, KPU, FKUB, Ketua FBE, Ketua Ormas yang hadir dan pejabat lainnya.

Dalam suasana yang santai, penuh keakraban dan riang gembira, Pj Bupati Banyumas dalam sambutannya menyampaikan apresiasi, terima kasih terlaksananya deklarasi ini, juga mengingatkan bahwa pelaksanaan pemilu merupakan ujian dan tanggungjawab bersama seluruh elemen bangsa Indonesia.

“Pemilu bukan hanya ruang bagi masyarakat untuk memilih, tetapi juga merupakan proses pendewasaan dan juga momentum ujian bagi bangsa mengenai seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa, dan kebersamaan dalam menjaga Banyumas yang aman dan nyaman,” kata Pj Bupati.

Oleh karena itu, ia mengajak FBE dan juga kepada seluruh pemangku kepentingan untuk memastikan bahwa Pemilu damai tidak hanya kata-kata. Melainkan sebuah komitmen dan ikhtiar bersama untuk menciptakan situasi yang aman, nyaman, kondusif selama pelaksanaannya.

“Saya berpesan selama masa kampanye untuk tidak provokatif, tidak produktif yang berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat. Saya juga berharap kepada FBE beserta anggotanya, dan semua element masyarakat untuk sama-sama mensukseskan Pemilu 2024,” tandasnya.

Pada penghujung acara, FBE beserta anggotanya, seluruh ketua, pengurus dan perwakilan ormas yang hadir mendapatkan apresiasi, sanjungan dan arahan dari Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu SIK, MH, dan Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama S.T., M.Han., kami sangat bersyukur ratusan ormas se kabupaten Banyumas tergabung dalam FBE, dan sepakat Pemilu aman, nyaman dan Banyumas kondusif, katanya

“Kami ajak bapak ibu sekalian, walau beda pilihan, tetap satu tujuan, tetap bersaudara dan terus bersaudara serta semangat menjaga persaudaraan selama-lamanya, seduluran selawase,” tandas Kapolresta Banyumas.

“Insya Allah telah menjadi komitmen kita, bersama-sama aktif mewujudkan Pemilu damai aman nyaman dan kondusif,” imbuh Damdim 0701 Banyumas.

Disela-sela acara, Kepala Kesbangpol Banyumas Eko Heru Surono, S.Sos., saat ditemui awak media, menyampaikan terima kasih kepada FBE, dan semua pihak yang telah mensukseskan giat deklarasi pemilu damai, mohon maaf semua kekurangannya dalam pelaksanaanya, kata Eko Heru.

“Sudah kita ucapkan dan tanda tangani bersama, mari bersama-sama kita wujudkan pemilu yang damai, aman, nyaman dan Banyumas kondusif,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Wakil ketua ORARI Lokal Kabupaten Banyumas, dr. H. Tangguh Budi Prasetyo (YF2AEF), kepada awak media menyampaikan secara esensi Pemilu merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa. Pemilu juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa, mengenai seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia.

“ORARI sebagai organisasi hobby, komunitas yang independen, kita tegaskan hingga kini ORARI selalu tetap menjaga netralitas dalam membantu mendukung pemerintah dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu, itu tak perlu diragukan lagi,” tegas dr. H. Tangguh Budi Prasetyo (YF2AEF)

Di akhir acara, dilaksanakan ramah tamah dan berfoto bersama, juga foto masing-masing oramas yang hadir di lokasi, hiburan grup musik nuansa lagu-lagu koes ploes. (Djarmanto-YF2DOI)

Translate ¬Ľ