Hadapi Unar Angkatan 67, Orari Lokal Karawang Adakan Pengenalan dan Bimbingan Amatir Radio

“UNAR saat ini akan berbasiskan computer sehingga peserta akan langsung berhubungan dengan system yang sudah terkoneksi dengan jaringan Balai monitor frekuensi”

KARAWANG  | ORGANISASI Amatir Radio Indonesia atau ORARI Lokal Kabupaten Karawang menggelar Pembinaan Calon Amatir dan kenaikan tingkat bagi anggotanya yang digelar di Kantor Sekretariat ORARI Lokal Kabupaten Karawang Jalan Bogor No.5, Karangpawitan, Kec. Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Jum’at (18/03) malam.

Hadir pada acara ini diantaranya Ketua Lokal ORARI Karawang Hidayat, B.Sc (YB1DBL), Ketua DPP Orari Lokal Kabupaten Karawang Hendra Djaya, S.Sos (YB1AKY), serta seluruh pengurus turut hadir pada kegiatan ini.

Kegiatan yang dibuka Ketua Orari Lokal Kabupaten Karawang Hidayat, B.Sc (YB1DBL), dalam sambutannya mengatakan dengan diadakannya Pengenalan dan Bimbingan Amatir Radio ini diharapkan para peserta dapat menggunakan perangkat komunikasi dengan baik dan Tentunya menjunjung etika berkomunikasi melalui udara.

“Pembekalan ini dilakukan bagi calon amatir yang baru dan ada juga yang kenaikan tingkat,” ujar Pria pemilik Callsign YB1DBL ini.

Menurutnya ini menjadi syarat mutlak bagi calon amatir atau amatir radio yang akan naik tingkat. Bagi calon amatir ORARI, mereka harus paham tentang tata cara dan klasifikasi frekuensi radio agar tidak menganggu komunikasi diudara.

“Dengan memiliki surat ijin, berarti mereka sudah Legal untuk menggunakan Frekwensi untuk berkomunikasi melalui Amatir Radio,” kata Hidayat. B.Sc

Sementara itu Ketua DPP Orari Lokal Karawang Hendra Djaya, S.Sos (YB1AKY) saat memberikan sambutan mengatakan tujuan Bimbingan Teknik agar semua peserta siap untuk mengikuti UNAR sekaligus pembekalan materi tentang Amatir Radio. Materi tentang pengenalan radio, cara berkomunikasi, kode Q dan morse di berikan oleh narasumber sebagai bekal mengahadapi UNAR.

“Maka dari itu, sebelum mengikuti ujian negara dihimbau untuk mengikuti pembekalan untuk anggota yang kenaikan tingkat dan anggota yang masa berlaku keanggotannya sudah habis maka wajib mengikuti Ujian Negara agar mendapatkan call sign kembali,” jelas Hendra Djaya (YB1AKY)

Dikatakannya, berharap pengguna Radio Komunikasi yang belum memiliki Surat ijin segera melakukan pengurusan perijinan, agar tidak menimbulkan tindakan penertiban dari Balai Monitor yang melanggar Undang-Undang Telekomunikasi.

“Dengan mengikuti ujian nanti diharapkan maka para penguna perangkat komunikasi radio memiliki kemampuan yang memadai baik secara teori maupun praktek,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Komara (YC1NEW) selaku ketua Pelaksana UNAR Lokal Kabupaten Karawang saat dikonfirmasi menyampaikan ujian negara ini akan diikuti oleh Calon Amatir atau Camar. Kemudian dari Siaga ke Penggalang. Ia juga menyebutkan untuk Camar sendiri berjumlah 12 orang. Kemudian yang naik tingkat ada 1 orang.

“Dari 13 orang yang akan mengikuti ujian negara, 12 orang adalah Calon Amatir dan 1 orang naik tingkat dari Siaga ke Penggalang,” jelas Komara (YC1NEW)

Lebih jauh dikatakan Komara, materi dasar ORARI juga disampaikan khususnya kepada calon anggota baru sebagai bekal untuk digunakan setelah resmi bergabung ke ORARI.

“Kegiatan pembinaan dan pembekalan ini sengaja kami laksanakan dalam rangka menghadapi ujian negara pada 26 Maret nanti,” ujar Pemilik Callsign YC1NEW.

Dikatakannya, UNAR saat ini akan berbasiskan computer sehingga peserta akan langsung berhubungan dengan system yang sudah terkoneksi dengan jaringan Balai monitor frekuensi. Semua peserta UNAR juga diwajibkan mematuhi protokol kesehatan karena masih dalam pandemi covid-19.

“Untuk itu UNAR saat ini dibatasi jumlah pesertanya ke dalam ruang ujian,” jelas Komara

Pada Pengenalan dan Bmbingan Amatir radio ini ujar pemilik Callsign YC1NEW peserta diberikan materi, tentang Pengenalan Amatir Radio, Band Plan, Operating Prosedure serta Kegiatan Amatir Radio, dengan menghadirkan nara sumber Dadang Supriadi, S.Pd – YC1KRQ, Kuswara-YB1DVR, Uma Pahrevi-YB1PRV, Yoyo Sunaryo-YB1ENL, Yahya Natalia-YD1GQW, Muchlas Yuniarto-YC1FRI, Agus Sopyan – YD1GCO. ***

Pewarta : NINA SUSANTI  |  Editor : RYAN S KAHMAN

Translate »