Bimtek Amatir Radio Tingkatkan Kualitas Anggota Orari di Kalimantan Utara

Dalam rangka meningkatkan kualitas anggota dalam perkembangan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), KEMENKOMINFO RI Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Tanjung Selor menyelenggarakan Sosialisasi dan BIMTEK bagi Amatir Radio se ORDA Kalimantan Utara di Hotel Luminor, Tanjung Selor – Sabtu (13/8).

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Tanjung Selor Indra Sofany, S.T.,M.H, Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (DKISP) Kaltara Ilham Zain, S.Sos., MPA, Sekretaris Jenderal Organisasi Amatir Radio RI Yusuf Budhyanto, S.H, Ketua Organisasi Amatir Radio Provinsi Kaltara Arif Suprabowo serta narasumber Analis Sertifikasi Amatir Radio dan KRAP Yan Fallah Nur Happy, S.T., M.T.

Sebanyak 50 orang anggota ORARI se ORDA Kalimantan Utara yang merupakan Pengurus ORDA Kaltara dan perwakilan Orlok seperti Orlok Malinau, Orlok Tana Tidung, Orlok Tarakan dan Orlok Bulungan hadir untuk mengikuti Sosialisasi dan BIMTEK Amatir Radio se ORDA Kalimantan Utara (KALTARA) .

Kegiatan Sosialisasi dan BIMTEK ini, dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (DKISP) Kaltara Ilham Zain, S.Sos., MPA. Dalam sambutannya, Ilham Zein mengungkapkan, bahwa provinsi ke-34 ini telah memiliki kepengurusan ORARI Daerah untuk masa bakti 2022-2027 yang membawahi 4 Orari Lokal (Orlok) yaitu Orlok Bulungan, Orlok Tarakan, Orlok Malinau dan Orlok Tana Tidung, tinggal Kabupaten Nunukan saja yang belum membentuk organisasinya. Saya berharap Orda Kaltara dapat melakukan pembinaan kepada pelaku amatir radio wilayah Nunukan sehingga dapat membentuk orlok sendiri,” ungkapnya. Selain itu, Ilham juga mendorong orda Kaltara serta orlok kabupaten/kota untuk menyosialisasikan kepada amatir radio dengan hal-hal yang berkaitan dengan masyarakat. “Jadi, saya mendorong pengurus orda Kaltara dan orlok kabupaten/kota untuk tetap menjalin komunikasi dan sinergitas dengan pemerintah daerah dan masyarakat untuk kemajuan kita bersama,” tutupnya.

Sementara Ketua ORDA Kalimantan Utara, Arif Suprabowo (YF7YOH), mengungkapkan kegembiraannya atas terlaksananya kegiatan ini . Arif menyampaikan, “ Kegiatan ini dilaksanakan untuk para amatir radio yang ada di daerah Kalimantan Utara. BIMTEK ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas amatir radio, menjadi untuk lebih baik, Arif juga berpesan kepada anggota ORARI di wilayahnya, agar mempergunakan frekuensi sesuai dengan tingkatannya. “ Pemerintah telah mengatur pita frekuensi sesuai dengan tingkatan para amatir radio, kita wajib mentaati peraturan yang ada”. pungkasnya.

Adapun materi yang disampaikan mulai dari Perizinan Amatir Radio secara Elektronik, Pengelolaan Akun e-Licensing, Peningkatan Kualitas Amatir Radio. Dari kegiatan ini para anggota ORARI se ORDA Kaltara yang hadir baik secara online maupun offline diharapkan menjadi paham dengan adanya esensi kewajiban oleh seorang pemegang IAR berdasarkan Peraturan Menteri KOMINFO No. 17 tahun 2018

Semoga dengan kegiatan ini dapat berhasil guna dan berdaya guna serta bermanfaat . Sukses. ORARI, Berkarya, Keren dan Mendunia.

 

Kontributor Berita :

Achmad Algazali – YF7UAN

Translate »