ORARI Daerah

ORDA Gorontalo Memberikan Dukungan Komunikasi Pencarian dan Evakuasi Korban Tanah Longsor di Suwawa Timur-Gorontalo

Gorontalo, 10 Juli 2024 – ORARI Daerah Gorontalo (ORDA Gorontalo) turut serta dalam upaya kemanusiaan dengan menempatkan posko Dukungan Komunikasi (DUKOM) di Desa Tulabolo Timur, Kecamatan Suwawa, untuk pencarian dan evakuasi korban tanah longsor di area tambang emas Kecamatan Suwawa Timur. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen organisasi untuk membantu dalam situasi darurat.Menurut Koordinator Sentral Komunikasi (Senkom) ORDA Gorontalo, Om Irman Anggowa (YE8RJJ), Dukungan Komunikasi ORARI bergabung di bawah koordinasi Basarnas sebagai Koordinator Tim Gabungan. Operasi ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Pusat, Sulut dan Gorontalo, BPBD, TNI-POLRI, Pemerintah Daerah, organisasi sosial kemanusiaan, dan elemen terkait lainnya.
“Kita terus memantau informasi yang disampaikan oleh anggota ORARI yang berada di lokasi sejak hari pertama melalui perangkat 2 Meter band,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris ORDA Gorontalo, Om Idham Helingo (YE8RB), menyampaikan anggota ORARI yang terlibat langsung dalam Dukungan Komunikasi ini berjumlah 10 orang, yakni :
YF8RSI- Apris Pango (Link/Gateway),
YF8RKZ-Krisnoviantoro Hunowu,
YF88RNO-Rahmat Unggo,
YG8ROR-Zakir Hajarati,
YF8RJJ-Irman Anggowa,
YG8RJV-Ismet Mooduto,
YG88RFY-Romy Hamzah,
YG8RNU-Abdul Arif Puneli,
YG8RNS-Marten Wagiu,
YG8RPW-Zakaria Bilatula,
YG9RKQ-Amirudin Hadjarati,

Dalam situasi darurat dan bencana alam, Dukom ORARI berperan dalam mengirim, menerima, dan meneruskan informasi tentang pencarian, evakuasi, dan kebutuhan darurat di lokasi, serta pendistribusian logistik makanan kepada para korban dan tim pencarian di lapangan.

Dukom ORARI berperan melaporkan situasi dan kondisi terbaru kepada Koordinator Operasi dan tim penyelamat untuk pengambilan keputusan yang tepat. Pada operasi gabungan, biasanya seluruh kegiatan Dukom ORARI berada di bawah koordinasi Penanggung Jawab Tim Gabungan.

Peran serta ORARI-ORDA Gorontalo dalam operasi ini menunjukkan dedikasi dalam berkontribusi pada situasi darurat. Posko dukungan komunikasi yang dibentuk ini diharapkan dapat memperlancar proses pencarian dan evakuasi, serta memastikan bahwa informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat kepada seluruh tim yang bertugas di lapangan.

YL Hajiriah Rasyid – YF8UHJ

Translate »