ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan Menjadi Lebih Baik

Anggota ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan, berkumpul untuk membenahi sekretariat barunya yang berlokasi di lingkungan Pos Polisi (Pospol) Setu, Jl. Puspiptek no. 52 Tangerang Selatan, Sabtu (21/5/2022).

Selain berbenah, anggota amatir radio pererat silaturahim dengan obrolan santai yang terkadang diselingi gurauan. Namun, mereka juga antusias saat berdikusi tentang seluk-beluk perangkat radio, dan bertukar informasi mengenai tehnologi radio amatir yang kekinian. Penggemar radio amatir mengistilahkan pertemuan ini dengan “Eyeball QSO”.

Pejabat Ketua ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan, Sunu Tikno (YB1XST) di sela-sela kegiatan menyampaikan, “Hari ini kami membenahi ruangan baru dan menguji perangkat radio. Kebetulan ruangan yang diizinkan untuk pinjam pakai oleh Pospol Setu ini, dekat dengan menara tanpa penyangga (Self Supporting Tower/SST) yang kami bangun untuk pemasangan antena, sehingga sangat mempermudah instalasi perangkat radio”. Sunu berharap fasilitas ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. ” Kami akan mengelola dan memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya untuk kegiatan ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan “. Pungkasnya.

Ketua Bidang Operasi dan Teknik, ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan, Yongky Octavia D.M. (YB1RKT) menyambut baik keberadaan Sekretariat yang baru ini. ” Sekedar reminding, selama ini Orari Lokal Tangerang Selatan belum memiliki Sekretariat Lokal (Seklok) yang permanen. Dimana Ketua bermungkim, disitulah Sekloknya”. Yongky menambahkan, ” Di lokasi yang baru ini kami telah mendirikan tower SST yang dilengkapi dengan antena VHF (Very High Frequency) dan HF (High Frequency). Untuk antena HF, kami menggunakan Tri-Banders (Hidaka), berkerja pada frekwensi 10, 15 dan 20 meter band. Antena HF lainnya adalah, Rotary Dipole Full Size untuk 40 meter band, dan menyusul antena Wire Dipole yang berkerja pada 80 meter band. Keberadaan Seklok dengan segala kelengkapannya ini, adalah untuk kita manfaatkan bersama”. Imbuhnya.

Dewan Pengawas dan Penasehat (DPP), ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan, Arif Buchari (YB1RIF), berpesan kepada seluruh anggota ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan, untuk menggunakan fasilitas yang ada di Seklok ini secara maksimal. “Dengan segala kelengkapannya, Seklok ini menjadi pusat edukasi bagi anggota. Bagi mereka yang ingin memenuhi persyaratan ujian kenaikan tingkat, belajar morse, belajar DX-ing (berkomunikasi dengan stasiun yang jauh/luar negeri), bisa menggunakan fasilitas yang ada disini. Seklok ini juga menjadi ajang silaturahim bagi para anggota”. Pungkasnya.

Anggota Senior Edhie Lubis (YC1RFR),
mengungkapkan kegembiraannya atas kemajuan yang dicapai oleh ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan. “Para pengurus telah berupaya keras mewujudkan keinginannya untuk memiliki sekretariat sendiri, dan keinginan tersebut terealisasi berkat kerja keras mereka yang konsisten. Terimakasih untuk Polres Tangerang Selatan yang telah menjamkan tempat untuk Sekretariat Lokal (Seklok) ORARI Kota Tangerang Selatan. Kita harus besyukur, dan terus mengeratkan tali silaturahim diantara kita “.Ucapnya.(MU-YD1RDH)

Translate ¬Ľ