ORARI Lokal

CQ SOTA Hari Sumpah Pemuda

SOTA, Summits On The Air, program award global melakukan QSO dari puncak bukit atau gunung. Rules yang telah ditetapkan dan berlaku global harus diikuti dengan menjunjung tinggi sportivitas.

Giat SOTA kali ini dipilih kawasan Taman Nasional Gede-Pangrango. Didalamnya terdapat dua titik aktivasi, di Puncak Gunung Pangrango dan di puncak Gunung Gede.
Kedua titik tersebut telah beberapa kali diaktivasi oleh anggota orari, pada tanggal 27-28 oktober 2022, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, aktivasi kembali oleh YD0BCB, YG3DEB dan YC1RTA.
Bekerja pada band VHF FM untuk lokal dan HF CW untuk menjangkau stasiun DX.
Beberapa stasiun DX berhasil ter-log, baik Asia maupun dari Eropa.

Dipilihnya kawasan Taman Nasional Gede-Pangrango, karena potensi keindahan dan keunikan yang dimiliki dapat dipublikasikan ke komunitas amatir radio dunia, khususnya yang berkecimpung di outdoor portable.

Setiap tempat memiliki tantangan berbeda, sehingga menambah pengalaman dalam mendirikan stasiun portable. Perencanaan perjalanan, mendirikan stasiun pada situasi yang tidak terduga, dan melakukan panggilan, QSO sebagai tolok ukur keberhasilan kegiatan.

Ajib (YG3DEB), Budi (YD0BCB) memulai perjalanan tanggal 26 oktober 2022 sore hari melalui jalur Cibodas, bermalam di pos air terjun Cibeureum.
Hari berikutnya 27 Oktober melanjutkan perjalanan menuju G.Pangrango, puncak dicapai sore hari dan melekukan aktivasi.
Di hari yang sama, Om Djoni (YC1RTA) melakukan pendakian dari rute Cipanas menuju puncak G.Gede, bermalam di puncak dan melakukan aktivasi SOTA.
Hari berikutnya 28 Oktober 2022, bisa berkumpul di puncak Gunung Gede, turun bersama melalui jalur gunung putri menuju Basecamp Cipanas.

Kontributor Berita : Ajib Muzakki – YG3DEB

Translate ¬Ľ