Peserta Umur 10 Tahun Lulus UNAR Non Reguler ORARI Daerah Gorontalo

(Bone Bolango, 21 Juni 2023) Pelaksanaan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) non-reguler yang dilaksanakan di Laboratorium SMK Negeri 1 Bone Bolango, Kabupaten Bone Bolango, berjalan dengan sukses dan lancar. Kegiatan ini bertujuan untuk menguji kemampuan peserta dalam bidang radio amatir. UNAR kali ini, diikuti oleh 26 peserta, dari jumlah tersebut, seluruh peserta ujian siaga yang mendaftar berhasil lulus.

Namun, dari 6 peserta Penggalang yang mendaftar, hanya 3 peserta yang berhasil lulus. Sayangnya, pada kategori Penegak, hanya terdapat 1 peserta yang mendaftar, namun belum berhasil lulus. Selain itu, terdapat 3 peserta yang tidak dapat menghadiri ujian dan 2 peserta lainnya tidak terverifikasi sehingga tidak dapat mengikuti ujian.

Ada hal menarik dalam pelaksanaan UNAR ini, yaitu diikuti oleh seorang peserta yang masih berumur 10 tahun bernama Refkibaldi Bilatula yang berhasil lulus ujian tersebut. Keberhasilan Refkibaldi ini menjadi salah satu bukti bahwa hobi ini mulai menarik perhatian generasi milenial.

Pelaksanaan UNAR Non Reguler di Kabupaten Bone Bolango ini dilaksanakan atas permintaan ORARi Daerah Gorontalo kepada Loka Monitor SFR Gorontalo, yang didasarkan pada banyaknya jumlah peserta yang berasal dari wilayah tersebut. Idham Helingo – YE8RB, Sekretaris ORARI Daerah Gorontalo, mengatakan “Bahwa kuota untuk melaksanakan UNAR secara Non Reguler ini sudah terpenuhi. Peserta yang sebagian besar merupakan anggota Club Station Arizona – YH8TAA ini adalah hasil dari upaya meningkatkan minat dan menyosialisasikan ORARI kepada masyarakat. Langkah aktif ORARI Daerah Gorontalo adalah upaya ‘jemput bola’ dengan memfasilitasi pelaksanaan UNAR yang merupakan bentuk kemudahan yang diberikan kepada peserta.”, Imbuhnya

Club Station Arizona selama ini telah berperan aktif dalam membantu ORARI Daerah Gorontalo mempromosikan radio amatir kepada masyarakat. Hal ini dilakukan melalui berbagai kegiatan radio amatir dan penggunaan platform media sosial sebagai sarana promosi. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan tercipta kolaborasi antara Loka Monitor SFR Gorontalo, ORARI Daerah Gorontalo, dan Club Station Arizona untuk meningkatkan minat dan partisipasi masyarakat dalam mengikuti UNAR serta menjadi anggota radio amatir secara keseluruhan.

UNAR non-reguler di Kabupaten Bone Bolango merupakan salah satu langkah konkret dalam pengembangan dan penyebarluasan radio amatir di Gorontalo. Diharapkan, kegiatan serupa dapat dilakukan secara berkala dan melibatkan lebih banyak peserta dari berbagai kategori. Hal ini akan memberikan kesempatan kepada lebih banyak orang untuk mengembangkan minat dan keterampilan dalam radio amatir serta mendukung pertumbuhan ORARI di wilayah Gorontalo.

Contributor By : Om Hajriah Rasyid – YF8UHJ
Editing By : Kak Reyhan H. – YC0RWL

Translate ¬Ľ