ORARI Lokal

Kabar Duka Menyelimuti ORARI Banyumas, Teknisi Radio Amatir Terbaik YC2ELX Meninggal Dunia

Banyumas, Kabar duka menyelimuti datang dari Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) Lokal Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Salah seorang anggota Orari Lokal Kabupaten Banyumas Arif Setiawan, pemilik Call Sign YC2ELX, 1-2 jam sebelum meninggal, ada keluhan lemas dan sesak napas, kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat di Purwokerto Selatan.

Kabar duka kepergian almarhum tersiar luas lewat pesan singkat whatshapp pada Jum’at (01/12/2023) sore. Almarhum meninggal dunia di salah satu Rumah Sakit di Purwokerto, sekitar pukul 18:17 Wib.

Almarhum adalah seorang anggota ORARI Lokal Kab Banyumas dan telah lama malang melintang sebagai teknisi radio amatir yang banyak mendapatkan kepercayaan dari anggota ORARI yang ada di Wilayah Kab Banyumas, juga Propinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat bahkan luar jawa.

Sebelum pemakaman, alamarhum disemayamkan semalam di rumah duka, di wilayah Kelurahan Karangklesem, Kec Purwokerto Selatan, dan pada hari Sabtu (02/12/2023) pagi jam 08:00 Wib diberangkatkan untuk prosesi pemakaman di TPU Anggalarang Desa Kembaran, Kec Kembaran Kab Banyumas.

Salah satu anggota Orari Lokal Kabupaten Banyumas Mujino (YC2RXL), juga sahabat karib almarhum, kepada awak media dilokasi, menuturkan bahwa almarhum merupakan sahabat dan anggota ORARI yang paling disiplin, tertib, dan patuh AD/ART, peraturan organisasi, peraturan komunikasi baik nasional maupun internasional, menjaga kode etik amatir radio, prosedur operating

Selanjutnya Mujino menjelaskan, selama hidupya sebagai teknisi dari segala bentuk, type dan merk radio yang dipergunakan oleh anggora ORARI, radio lainnya, dan melayani semua lapisan masyarakat, baik dari wilayah kabupaten Banyumas sendiri, maupun dari luar banyumas seluruh wilayah Indonesia, khususnya para anggora ORARI pengguha HF.

Terpantau selain anggota Orari Lokal Kabupaten Banyumas dan sekitarnya, teman SD, SMP dan tetangga, kerabat dan keluarga datang melayat di rumah duka, juga mengantar ke tempat peristirahatan terakhirnnya TPU Anggalarang Desa Kembaran

Almarhum Arif terbilang senior di Orari Lokal Kab Banyumas. Semasa aktif tidak sedikit beliau bergabung dalam event-event penting di Kab Banyumas dan juga banyak memberikan suport teknik radio kepada semua pecinta dan pengguna Radio Amatir.

“Segenap anggota dan pengurus Orari Lokal Kab Banyumas, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara, dan lokal kab lainya, sangat merasa kehilangan, pasalnya banyak suka dan duka, pengalaman dan bimbingan teknik radio yang diajarkan dari beliau. Semoga almarhum husnul khotimah, Bi Barokati Al-Fatihah, Aamiin,” ungkapnya

Kemudian dilokasi pemakaman, juga dari Anggota Orari Lokal Kabupaten Cilacap D. Sudirno (YB2BSS, yang pernah memiliki callsign YC2TFF), menuturkan saya sekelurga bersama teman-teman lama, merasa sangat kehilangan sosok mendiang Arif Setiawan.

“Karena beliau pernah ikut berjuang bersama-sama dalam membimbing calon amatir, simpatisan amatir radio, anggota ORARI puluhan tahun yang lalu. Kami berdo’a semoga segala amalnya diterima dan dosanya diampuni. Serta keluarga yang ditinggalkan senantiasa tabah, ikhlas dan kuat menerima takdir-NYA,” pungkasnya. (Djarmanto-YF2DOI)

Translate »