iBOTA Aktivasi Pantai Tanjung Pendam Belitung, Anggota ORARI Lokal Jakarta Utara Bersama Lokal Belitung

Kepulauan Bangka Belitung, Komunitas Anggota ORARI, Gelar iBOTA (Indonesia Beaches On The Air ) Tanjung Pendam Belitung, adalah kegiatan anggota amatir Radio yang memancar di pantai, melalui pesawat komunikasi all band, yang dipimpinn ole NCS (Net Control Station) atau seorang aktivator, yang bertujuan sebagai ajang komunikasi / silaturahmi antar amatir melalui udara di seluruh dunia juga untuk memperkenalkan dan mencatat nama pantai sebagai salah satu destinasi wisata pantai di Indonesia.

Acara dibuka oleh Wakil Ketua ORARI Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Eka Subehi, SE. (YE4FPE), dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim, dihadiri beberapa orang aktifitas yang tergabung dalam komunitas iBOTA, anggota ORARI Lokal Jakarta Utara, anggota ORARI Lokal Kabupaten Belitung, pada hari Senin (25/12/2023) Pukul 08:30 WIB Bertempat di Pantai Tanjung Pendam, di Desa Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Wakil Ketua ORARI Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Eka Subehi, SE. (YE4FPE), dalam sambutan pembukaan, menyampaikan syukur Alhamdulillah, terima kasih, dan apresiasi serta siap memberikan dukungannya, ikut mensukseskan kegiatan iBOTA aktivasi Pantai Tanjung Pendam Belitung dari awal sampai akhir, katanya.

“Ajang silaturrahmi, ajang berlatih komunikasi, ajang tekhnik, dan beginilah cara anggota ikut aktif memperkenalkan potensi wisata alam Indonesia dan Pilihan destinasinya wisata pantai yang ada di provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ungkap Eka Subehi, SE. (YE4FPE) kepada awak media melalu jaringan telpon Senin (25/12/2023) pukul 09:45 WIB.

Kegiatan ini terlaksana, atas kerjabareng anggota ORARI Lokal Jakarta Utara Bersama Anggota ORARI Lokal Belitung, dan merupakan giat iBOTA yang ke-3 diwilayah kepulauan Bangka Belitung, dan dilaksanakan bimtek dan praktek komunikasi Satelit ORARI, dibimbing langsung narasumber Suryono Adisoemarta (YD0NXX) beserta timnya, jelasnya.

“Menjadi peluang berharga bagi para peserta dari anggota Pramuka dan anggota ORARI, untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam menggunakan satelit komunikasi, jelas harapnya.

Dikesempatan itu, kordinator kegiatan H.R. Ginanjar Taufiq S.IP,M.SI (YB0GIN) didampingi istri Hj. Sahara Sultan (YB0SHR), kepada awak media menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus dan semua anggota ORARI di Bangka Belitung atas supportnya atas kolaborasinya, dan juga terima kasih kepada semua anggora ORARI yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, mohon maaf atas semua kekurangan dalam pelaksanaanya.

“Silaturrahmi dan liburannya anggota ORARI, sambil menikmati keindahan Pantai Tanjung Pendam, yang menjadi kebanggaan warga yang tinggal di pusat Negeri Laskar Pelangi ini, dan bisa melihat pemandangan Pulau Kalimua yang berada di tengah Pantai Tanjung Pendam,” ungkapnya.

Selanjutnya Ginanjar Taufiq (YB0GIN), menjelaskan iBOTA (Indonesian Beaches On The Air) YB/BB-B248, Latitude ; -2.7412, Longitude : 107.6247, Beach Number 248, Pantai Tanjung Pendam Belitung, dengan activator iBOTA kali ini : YB0GIN/4, YD0NXX/4, YB0SHR/4, YF4IFT/P, YF4FIC/P, YF4IHG/P, YF4ICC/P, YG4IJV/P, Pelaksanaan BOTA ini dilaksanakan selama dua hari, bekerja pada HF di 40M dan VHF di 2M/73CM pada mode FM Satellite IO-86/LAPAN-A2, saat pembukaan on air di frekuensi 7.120.00 MHz.

“Kekayaan alam Indonesia membuat potensi wisata alam Indonesia tak akan ada habisnya untuk dieksplorasi. Potensi wisata alam Indonesia juga sudah terkenal hingga mancanegara. Terbukti, tiap tahunnya ribuan turis asing datang untuk menikmati potensi wisata alam Indonesia, dan jangan kasih kendor, yang penting Happy terus dalam setiap kegiatan, ORARI terus bergerak, ORARI Bersatu Berkarya Mendunia,” pungkasnya.

Untuk diketahui, activator pertama Yaitu YB0GIN, yang juga sebagai ketua bagian kegiatan Amatir Radio ORARI Pusat Masa bhakti tahun 2021-2026, menerima Stasiun-stasiun yang ikut berpartisipasi, dan memberikan salam kepada Amatir Radio yang berpartisipasi, berlangsung tanggal 25-26 Deesember 2023. (Djarmanto-YF2DOI)

Translate ¬Ľ