ORARI Lokal

Curhat Bersama Kapolres Kep Meranti-Riau

PELITARIAU, Meranti – Polres Kepulauan Meranti Polda Riau, Jumat (26/5/2023) pagi, kembali menggelar kegiatan rutin Jumat Curhat.

Kali ini, giat dilaksanakan bersama ORARI-RAPI Kepulauan Meranti oleh Wakapolres Kompol Robet Arizal SSos, kedai kopi Jumbo Selatpanjang.

Ikut hadir Kanit Regident Satlantas Iptu Raden Surtika, Kbo Sat Intelkam Ipda Mada Surya, Ketua ORARI Lokal Kepulauan Meranti Syamsudin-YD5NEN ,Kepala Desa Mantiasa Muhazir-YD5NTI dan belasan aggota ORARI dan RAPI.

Dalam sambutannya, Kompol Robet menyampaikan bahwa Jumat Curhat itu merupakan kegiatan rutin Polres Kepulauan Meranti yang bertujuan untuk mencari dan menggali masukan-masukan dari masyarakat, termasuk dari ORARI,RAPI di daerah ini.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa sesuai dengan amanat UU Nomor 2 Tahun 2002 pasal 13, tugas Pokok Polri adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Tentunya dalam pelaksanaan tugas ini kepolisian tidak dapat berdiri sendiri melainkan perlunya dukungan dan bantuan dari seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

Memasuki tahun politik ini, pihaknya mengajak ORARI & RAPI menjaga keamanan dan kedamaian pesta demokrasi. Sehingga Kepulauan Meranti tetap dalam kondisi yang kondusif.

“Saya juga mengharapkan kepada rekan-rekan ORARI & RAPI agar tetap menjaga marwah dan nama baik organisasi dan selalu dapat membantu kami dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kepulauan Meranti,” ucapnya.

Lebih lanjut, dipaparkan Wakapolres bahwa Polri resmi melantik Polisi RW. Ini, jelasnya, merupakan program dari kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan basis kewilayahan. Polisi RW akan berkomunikasi dan berkonsolidasi dengan Ketua RW dengan tunjuan agar masyarakat selalu merasa nyaman dan aman atas kehadiran Polri, khususnya diwilayah Kepulauan Meranti.

“Sebagai informasi juga, dalam waktu dekat kita akan melaksanakan operasi patuh Lancang Kuning 2023. Ini merupakan operasi tertib layak kendaraan. Jadi, diharapkan ORARI & RAPI dapat mematuhi peraturan lalulintas saat berkendaraan dan turut serta dalam menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar selalu menaati peraturan lalulintas saat berkendara,” ajaknya.

Ketua ORARI Kepulauan Meranti, Syamsudin-YD5NEN mengatakan salah satu Visi ORARI adalah mendukung dan membantu pemerintah dalam mendukung setiap kebijakan pemerintah selama tidak bertentangan dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku serta mendukung kepolisian untuk menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Radio Penduduk Indonesia (RAPI), dan Organisasi Amatir Radio Indonesia(ORARI) dan Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri bertujuan mendukung kelancaran komunikasi dan memperkecil kemungkinan terjadi keterlambatan komunikasi. Kami juga turut serta mendukung hubungan atau kegiatan Polres Kepulauan Meranti yang bersifat positif dalam kebersamaan menjaga dan memelihara kamtibmas di daerah ini,” tuturnya.

Kegiatan juga diisi dengan dialog, penyampaian aspirasi, keluhan dan permasalahan oleh ORAR -& RAPI. Seperti tentang ketentuan dalam pembayaran pajak dan denda kendaraan bermotor, kemudahan pengurusan dalam membuat SIM, serta tahapan seleksi penerimaan calon anggota Polri.

Menanggapi curhatan itu, Kompol Robet menjelaskan bahwa saat ini sudah berjalan 2 bulan proses pemutihan pembayaran pajak dan akan berkahir pada tanggal 30 Mei 2023.

Kemudian terkait mekanisme dan persyaratan pembuatan SIM, jelasnya, bahwa ada tahapan tes kelayakan berkendara yang harus dilakukan dengan teliti.

“Namun kami akan membantu dengan cara melatih masyarakat sebelum mengikuti ujian untuk kepengurusan SIM. Kalau untuk biaya sudah tertera di spanduk yang ada di kantor Satlantas sesuai yang telah ditetapkan pemerintah. Sedangkan terkait penerimaan calon anggota Polri, pada tahun ini telah berlangsung dan dilaksanakan tahapan seleksi yang nantinya akan diterima sesuai dengan jumlah kuota kebutuhan organisasi. Jika berkenan mengikuti tes agar ditahun 2024 dapat mmpersiapkan diri untuk mendaftarkan anaknya di Bagian SDM Polres Kepulauan Meranti,” jelasnya.

By : Orari lokal Kep Meranti

Translate ¬Ľ