The final courtesy of a QSO is a QSL

Seperti yang kita ketahui, salah satu kegiatan yang dijadikan bukti komunikasi adalah QSL Card berupa kartu konfirmasi atas terjadinya suatu komunikasi, yang pada zaman sekarang juga dikenal dalam bentuk lain yaitu eQSL card yaitu kartu bukti komunikasi dalam bentuk file.

Agar semua komunikasi dapat tercatat dengan lengkap, pada umumnya amatir radio membuat catatan khusus yang biasa disebut Logsheet. Minimal Logsheet biasanya berisi :

Tanggal dan jam dalam waktu UTC (universal Time Coordinate),

  • Call Sign,
  • Nama Operator,
  • Band atau frekuensi ,
  • Mode komunikasi,
  • Readibility Signal Tone (RST)

Semua data tersebut harus disimpan dalam bentuk catatan yang tersusun rapi, baik berupa tabel, kartu log, dan log dalam bentuk fisik lainnya.
Seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak kegiatan amatir radio juga dipengaruhi oleh kemudahan penggunaan komputer, termasuk dalam penyimpanan bukti QSO, seperti aplikasi penyimpanan QSO baik dengan cara offline (direkam di komputer pribadi) ataupun online.

Contoh dari penyimpanan online yang populer adalah eQSO.cc, lotw.arrl.org, qrz.com, dan masih banyak lagi on line logger di internet.

Sementara itu penyimpanan QSO secara off line juga sangat banyak, seperti N1MM, Ham Radio Deluxe, dan software lainnya.

Amatir Radio Indonesia juga telah menciptakan aplikasi untuk log, baik dalam format sederhana pada komputer ataupun  handphone.

Salah satunya adalah iLog yang didesain untuk berjalan di komputer berbasis Windows.

Pada dasarnya iLog adalah alat bantu mencatat QSO yang diberi beberapa kelebihan agar mempermudah proses perekaman QSO, seperti :

Merekam tanggal dan jam secara real time,

Mengetahui Nama Operator (khusus anggota ORARI),

Mengetahui DXCC, Continent, CQ, dan ITU

Dan beberapa kelebihan lainnya.

 

FASILITAS MULTI CALL SIGN

Aplikasi yang di-install pada sebuah komputer dapat dipergunakan untuk merekam QSO tidak hanya berdasarkan Call Sign pribadi, juga dapat dipergunakan untuk merekam berdasarkan Call Sign lain seperti Call Sign Special Event, Call Sign Club Station.

FASILITAS PENCARIAN DATA

Data yang direkam akan mudah dicari atau dikelompokkan berdasarkan kriteria yang kita isi

FASILITAS  MEMBUAT eQSL Card

Dengan gambar Master yang kita miliki, kita bisa membuat file QSL Card elektronik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pribadi kita.

Contoh eQSL Card yang dihasilkan adalah sebagai berikut :

File yang dihasilkan juga bisa dikirim melalui email, atau dikumpulkan dalam sebuah cloud, seperti Google Drive.

FASILITAS IMPORT ADIF.

iLOG mampu menerima file ADIF yang dihasilkan dari logger lainnya, sehingga apabila sudah pernah memiliki log dari aplikasi (on line atau off line), kita bisa meng-import data tersebut tanpa harus mengetik ulang.

Selain dari itu ada beberapa fasilitas lainnya yang dapat digunakan untuk mempermudah kita dalam merekam, mengolah, membuat eQSL Card, mengirim, dan mengelola file-file yang ada.

FASILITAS CREATE ADIF

Aplikasi iLOG juga dapat menghasilkan file ADIF yang isinya dapat disesuaikan dengan event, misalnya untuk Contest atau sebagai file yang akan di-import ke komputer atau aplikasi Log lainnya.

Cara Instalasi aplikasi iLOG sudah menggunakan cara Setup, sehingga mempermudah pengguna.

Untuk lebih lengkapnya, dapat dibaca pada dokumen petunjuk cara penggunaan aplikasi iLOG.
https://drive.google.com/file/d/19fBPeotKjsnM-_rA87q8B-DZUx7KYoy5/view?usp=sharing

Bagi yang ingin mencoba aplikasi tersebut, dapat men-download dari :
https://drive.google.com/file/d/18ibhaJFHv-ox0kWkfhp1dqyLKJVR9Uy3/view?usp=sharing

Penulis YC0HLE

Translate »