ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan, Menjadikan ORARI Anniversary Award Sebagai Ajang Edukasi

Stasiun Klub ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan yang menyandang Call Sign YH1RI,  menjadikan ORARI Anniversary Award sebagai  ajang edukasi bagi anggotanya. Selama periode tersebut (9-17 Juli 2022), para Amatir Radio yang senior melakukan bimbingan dan pendampingan (Coaching dan Mentoring) dengan sabar kepada anggota ORARI yang baru bergabung, agar mereka menjadi operator yang baik. Selain berlatih sebagai operator, mereka juga berkesempatan menjadi chaser (memburu) Stasiun Klub ORARI call area 0-9, untuk mendapatkan Award, kelak dipergunakan sebagai syarat kenaikan tingkat.

Pejabat Ketua ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan, Sunu Tikno (YB1XST), merasa puas atas pencapaian Stasiun Klub yang dipimpinnya. YH1RI mendulang 5.494 QSO (Percakapan dua arah) dari 4 model komunikasi radio (SSB, CW, FT8 dan RTTY), serta menempati peringkat ke-8 dari 135 Stasiun Klub yang ikut serta dalam kegiatan ini.  Sunu menyatakan, “Kegiatan ORARI Anniversary Award yang digelar untuk memperingati HUT ORARI ke-54 adalah  sangat bagus. Acara ini berhasil menghadirkankan kembali Stasiun Klub yang ada di Indonesia. Sunu berpesan, “Ayo ramaikan Stasiun Klub kita, manfaatkanlah fasilitas yang ada disana. Fasilitas ini disediakan oleh kita dan juga untuk kita, jadi mari kita pergunakan dengan sebaik-baiknya”. Pungkasnya.

 

Ketua Bidang Operasi dan Teknik (KBOT) ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan, Yongky Octavia D.M. (YB1RKT), mengucapkan terimakasih kepada teman-teman yang telah berpartisipasi dalam acara ini. Yongki menjelaskan, “Komunikasi model digital menjadi primadona pada kegiatan ini, Stasiun Club maupun Chaser (perorangan), berlomba-lomba untuk mendapatkan QSO sebanyak-banyaknya melalui model ini”. Yongki menambahkan, “Bangkitnya Stasiun Klub menujukkan korelasi yang positif terhadap kemajuan dan perkembangan organisasi, karena Stasiun Klub berfungsi sebagai wadah untuk meningkatkan ketrampilan, serta latih diri para amatir radio. Adanya acara ini menjadikan kita rukun (Guyub), karena sering bertemu (Eyeball QSO). Mari kedepankan keamatiran kita, serta membangun organisasi ini menjadi lebih baik”. Imbuhnya.

Dedy Tan (YB1TQL), Koordinator Komunikasi Model Digital/FT8 untuk call area 1 (Jawa Barat dan Banten) menyampaikan, “ORARI telah mendunia, karena banyak Stasiun Klub dari luar negeri yang berpartisipasi pada ORARI Anniversary Award. Kegiatan ini mendatangkan perubahan positif bagi Amatir Radio Indonesia, karena memacu kita untuk terus meningkatkan kemampuan berkomunikasi melalui radio”. Dedy yang juga verifikator kenaikan tingkat dari ORDA BANTEN menambahkan, “ Stasiun Klub bertanggung jawab terhadap perkembangan amatir radio yang ada pada lokal masing-masing. Zaman sekarang serba mudah, asal mau belajar pasti bisa”. Tandasnya.

Dewan Pengawas dan Penasehat (DPP), ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan, Arif Buchari (YB1RIF) yang menjadi operator komunikasi model CW (Continuous Wave) pada kegiatan ini, membagikan pengalamannya belajar kode morse secara manual. “Belajar morse itu perlu proses, seperti belajar nada musik yang mengandalkan pendengaran. Saya siap berbagi kepada teman-teman yang ingin belajar”. Jelas Arif

MU/YD1RDH

Translate »