Jambore “On The Air” Gerakan Pramuka dan ORARI Berlangsung Meriah

Peserta Jambore On the Air Pramuka dan ORARI serius mengikuti acara

SHNet, Jakarta-Sebuah acara dengan nama Jambore On The Air  (JOTA) yang dilakukan bersama antara Kwartir Gerakan Pramuka dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia berlangsung meriah sejak 15 hingga 17 Oktober 2021.

Jambore yang dalam pelaksanaannya dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia ini  dibuka oleh SekretarisJenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kakak Mayjend TNI (Purn) Dr Bachtiar Utomo SIP MAP

Jambore On The AIR atau yang lebih popular di kenal dengan sebutan JOTA merupakan kegiatanKepanduan yang bekerja sama dengan Amatir Radio di seluruh dunia yang tentunya di Indonesia merupakan kerja sama erat antara Kwartir Gerakan Pramuka dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI)

Sesuai dengan pesan dalam pembukaan JOTA yaitu “Belajar mengembangkan ilmu pengetahuan danteknologi terkini dengan manfaatkan pengetahuan melakukan komunikasi dengan perangkat amatir radio ataupun secara digital.

Suasana Jambore On the Air Pramuka dan ORARI

JOTA kali ini tidak saja membekali adik-adik pramuka dengan cara menggunakanperangkat radio komunikasi, namun juga di lakukan pemberian materi ; memahami cara kerja radio dan pancarannya disertai praktek lapangan kegiatan Fox Hunting. Juga bagaimana berkomunikasi melalui Satelit Amatir Radio yang salah satunya memanfaatkan Satelit LAPAN ORARI, baik secara langsung maupun dengan menggunakan morse.

Selain itu materi tentang babagimana  mengirimkan dan menerima gambar melalui gelombang radio yang di kenal dengan nama SSTV.

Seluruh materi tersebut di siapkan dan paparkan oleh para amatir radio dan kakak-kakak Pramuka diwilayah masing-masing dengan mengedepankan minat peserta JOTA. di Kegiatan JOTA kali ini, selain melibatkan Pramuka, ORARI dan LAPAN BRIN (Badan Research dan Inovasi Nasional).

Acara ini juga didukung oleh Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) dengan pemberian Izin khusus menggunakan frekuensi radio yang di kalangan Amatir Radio dikenal dengan singkatan IAR Khusus yang dapat di kenali dengan suffix kode panggil YH (Yangky Hotel).

JOTA merupakan kegiatan tahunan para Pramuka dari seluruh dunia bertemu, berbagi pengetahuan serta pengalaman kepramukaannya melalui gelombang radio dengan fasilitas Amatir Radio.

Kegiatan ini dimulai sejak tahun 1958 dan setiap tahunnya di ikuti oleh tidak kurang dari 5000.000 anggota dari organisasi kepanduan di 172 Negara,  27 Negara di antaranya berada di Regional Asia-Pasifik, termasuk Gerakan Pramuka Indonesia. (sur)

sumber/foto : https://www.sinarharapan.net/jambore-on-the-air-gerakan-pramuka-dan-orari-berlangsung-meriah/

Bagikan Artikel ini :


SUKSESKAN … MUSYAWARAH NASIONAL ORARI KE XII 2021
JAKARTA 26 – 28 NOVEMBER 2021
MUNAS ORARI KE XI Countdown Timer