Pra JOTA ORARI Lokal Kabupaten Pemalang

Pemalang, 14 Oktober 2021 Jambore On The Air (JOTA) dan Jambore On The Internet (JOTI), Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Kabupaten Pemalang, melakukan kegiatan Bimbingan Teknik (Bintek), tentang tata cara berkomunikasi melalui radio kepada anggota Pramuka Kwartir Cabang Pemalang, pada Minggu (10/10/2021) pukul 09.00 WIB, di Sangar Pramuka Kabupaten Pramuka Jl. Laksda Yos Sudarso No. 16A Pemalang. Sebelumnya Jumat ( 8 Oktober 2021 ) di Aula MTsN 01 Pemalang Jl. Tentara Pelajaran No. 6 Pemalang dilanjut Senen dan Rabu ( 11 dan 13 Oktober 2021 ) Dan Selasa, 12 Oktober 2021 di SMAN 01 Comal Jl Jend. Ahmad Yani No.77 Comal Pemalang.

Pantauan kami di lokasi kegiatan Bimtek, terlihat sejumlah anggota pramuka sangat antusias memperhatikan paparan materi dan praktek yang disampaikan oleh narasumber dari anggota Orari, dengan mematuhi protokol kesehatan masa pandemi covid-19.

Ketua Orari Lokal Kabupaten Pemalang, dr H. A.Y Prabowo YC2KQT , menyampaikan kegiatan Bintek tersebut dilaksanakan atas dasar surat Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Nomor 0333-00-N, tanggal 13 September 2021, Perihal Pelaksanaan Kegiatan Jota Nasional ke-84 dan Joti Nasional ke-42, serta Radiogram Orari pusat nomor RDG-018/OP/PKU/IX/2021. “Atas dasar surat dari Kwarnas dan Radiogram dari Orari pusat itulah, maka kami melaksanakan pendampingan, memberikan bimbingan pengetahuan, pengenalan perangkat radio komunikasi, pengetahuan, tata cara dan etika berkomunikasi menggunakan frekuensi amatir radio kepada anggota Pramuka calon peserta Jota dan Joti.

Perhatian terhadap suksesnya kegiatan Jota-Joti 2021 ditunjukan oleh Ketua Orari Daerah Jawa Tengah , Ir. YB2BZ melalui pesan singkat : Semoga keiklasan kita semua baik yang di Kwarda, Sekretariat ORDA dan Kakak-kakak yang di Lokal Kab, Kwarcab serta ranting se Jawa Tengah dapat Gotong Royong dan bersinergi untuk mensukseskan JOTA-JOTI di Jawa Tengah.

Selanjutnya pada pelaksanaannya yang hanya singkat disertai dengan kondisi propagasi yang semakin buruk di masa sekarang ini maka perlu mempertimbangkan azaz kelaziman, azas fleksibilitas, azas efektifitas, azas efisiensi agar sasaran dan target adanya kegiatan JOTA dapat tercapai dan dapat membentuk adik-adik pramuka kita / scout diseluruh dunia menjadi santun dalam berkomunikasi, memahami prosedur operating.

Sementara itu, Selfi Mulyani ketua DKC menyebutkan bahwa JOTA-JOTI merupakan agenda kegiatan tahunan gerakan pramuka, yang diselenggarakan setiap bulan Oktober Minggu ke III, yang dalam pelaksanaannya bersinergi dengan pihak Orari sebagai fasilitator.

kontributor berita : DWI SULISTYAWAN

Bagikan Artikel ini :


SUKSESKAN … MUSYAWARAH NASIONAL ORARI KE XII 2021
JAKARTA 26 – 28 NOVEMBER 2021
MUNAS ORARI KE XI Countdown Timer