ORARI Lokal Bukittinggi Agam Dampingi Pramuka Dalam JOTA JOTI 2021

Foto bersama pengurus anggota orari lokal Bukittinggi Agam dan staf pramuka kwarcab XIII Bukittinggi

Bukittinggi, Kegiatan Jamboree On The Air (JOTA) Nasional ke-84 dan Jamboree On the Internet (JOTI) Nasional ke-42 Tahun 2021 yang diadakan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dari hari Jumat tanggal 15 hingga hari Minggu tanggal 17 Oktober 2021 diikuti seluruh anggota Gerakan Pramuka di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selanjutnya dijelaskan Syahrul Junaidi sebagai penanggung jawab station JOTA, bahwa pada kegiatan JOTA JOTI tersebut, Orari lokal Bukittinggi Agam bertugas mendampingi, mengedukasi dan memberikan arahan tata cara bagaimana berkomunikasi (QSO) dengan baik dan benar dalam menggunakan radio amatir. Jadi dengan telah diserapnya ilmu cara berkomunikasi yang diberikan oleh anggota Orari lokal Bukittinggi Agam, sehingga dapat membantu memberikan informasi dengan cepat melalui komunikasi radio.

Prinsip dari radio amatir adalah “berkomunikasi dengan watt yang sekecil mungkin, dapat menjangkau sejauh mungkin”, artinya dengan kekuatan power radio yang kecil, dapat berkomunikasi sejauh mungkin melalui antena yang dipancarkan. Dicontohkannya Jika terjadi musibah bencana alam, anggota pramuka dapat menyampaikan melalui radio amatir agar dapat diterima langsung di pusat posko, ucap Syahrul Juniadi.

Sementara itu Suhardedi (YC5DDE) sebagai penanggung jawab teknis station JOTA menjelaskan, anggota Orari lokal Bukittinggi Agam sebelum pelaksanaan JOTA JOTI tahun 2021 melakukan gotong royong memperbaiki antena di sekretariat kwartir Cabang XIII Kota Bukittinggi, jalan Kehakiman Belakang Balok Bukittinggi dan membuat antena rentang dengan bambu di Kwarcab Kabupaten Agam poskonya di MAN 3 Kubang Putih Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam.

Foto bersama pengurus anggota orari lokal Bukittinggi Agam dan staf pramuka anggota pramuka 0306 Agam

Dengan kebersamaan kawan-kawan dalam bekerja di dua tempat Kwarcab, Alhamdulillah dapat diselesaikan. Anggota pramuka Kwarcab Kota Bukittinggi dalam kegiatan JOTA JOTI memakai perangkat pesawat radio sendiri dan dibantu perangkat radio lainnya dari anggota Orari lokal Bukittinggi Agam, dan untuk pesawat radio di Kwarcab Agam, sepenuhnya perangkat radio dibantu anggota Orari lokal Bukittinggi Agam, kata Suhardedi.

Anggota orari lokal Bukittinggi Agam sedang melakukan membuat antena

Sedangkan pengurus Orari lokal Bukittinggi Agam, Jhon Hendri (YD5ACR) mengatakan bahwa stasiun induk Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat (YH5AJA) bertempat di Kantor Kwarda 03 Sumbar, pemakaian radio amatir dengan frekuensi 145.320 Mhz untuk pesawat radio Band 2 m dan 7.080 Mhz untuk pesawat radio all band. Adapun personil Orari lokal Bukittinggi Agam yang melakukan pelaksanaan tugas kegiatan Jambore On the Air (JOTA) dan Jambore On the Internet (JOTI) tahun 2021, adalah, Syahrul Junaidi,SH (YB5AJO) sebagai penanggung jawab station JOTA, Suhardedi (YC5DDE) sebagai penanggung jawab teknis station JOTA dibantu Suadi (YD5KTH), Taufik Akbar (YD5AOG), Fadly Okta Yudha (YD5ADJ), Rido Muhammad Ardi (YD5ANV), Ilham Tanjung (YD5AOO), dan juga pengurus serta anggota Orari lokal Bukittinggi Agam yang lainnya turut mendukung di dua tempat tersebut, pungkas Jhon Hendri (Iwin SB)

sumber : http://orari-lokal.bukittinggi-agam.or.id/2021/10/15/orari-lokal-bukittinggi-agam-dampingi-pramuka-dalam-jota-joti-2021/?fbclid=IwAR2rnh-Vol93R6OVvCRRq_gEWE7y27-L9Gl_KyQ8Pislnsg7C4BZ8oAfNTA

Bagikan Artikel ini :


SUKSESKAN … MUSYAWARAH NASIONAL ORARI KE XII 2021
JAKARTA 26 – 28 NOVEMBER 2021
MUNAS ORARI KE XI Countdown Timer