Kwarcab Pringsewu Ikuti JOTA-JOTI 2021

photo by sumaterapost.co

SUMATERA POST – PRINGSEWU – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Pringsewu kembali mengikuti Jamboree On The Air (JOTA) dan Jomboree On The Internet (JOTI) Nasional.

Upacara pembukaan JOTA Nasional ke-84 dan JOTI Nasional ke-42 tahun 2021 ini digelar di basecamp ORARI Lokal Pringsewu, Sidoharjo, Kabupaten Pringsewu, Jumat (15/10/21) pagi, dengan pembina upacara, anggota Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pringsewu, Samsir Kasim. Turut hadir pada upacara pembukaan JOTA-JOTI yang akan berlangsung 15-17 Oktober 2021, jajaran ORARI Lokal Pringsewu, Kwarcab dan Mabicab Pringsewu.

JOTA-JOTI 2021 Kwarcab Pringsewu dan ORARI Lokal Pringsewu sendiri diikuti para peserta dari Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Pringsewu, Pesawaran dan Tanggamus, Kwartir Ranting dari sembilan kecamatan dan lima perguruan tinggi se-Kabupaten Pringsewu, serta utusan Kwaran Kecamatan Kalirejo Lampung Tengah sebagai peninjau.

Anggota Mabicab Pringsewu selaku pembina upacara, Samsir Kasim dalam amanatnya mengatakan kegiatan JOTA-JOTI merupakan salah satu agenda kepramukaan yang menarik sekaligus mendidik dan mempereratkan silaturahmi diantara sesama anggota Pramuka. “Melalui kegiatan ini, kita diajak untuk lebih mengenal anggota Pramuka dari berbagai penjuru nusantara dan bahkan mancanegara, dengan berkomunikasi dan bertukar pikiran serta wawasan seputar kegiatan Pramuka”, katanya.

Ia juga berharap seluruh peserta JOTA-JOTI dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sehingga dapat mengambil ilmu dan mengasah rasa tanggungjawab serta keterampilan. “Oleh karena itu, gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, sebagai sarana untuk menambah pengalaman yang sangat berguna bagi kehidupan kita”, ujarnya.

Sementara itu, secara terpisah, Ka Kwarcab Pringsewu Dr.Fauzi (YD4SJB) yang berhalangan hadir menyampaikan ucapan syukur karena Kwarcab Pringsewu dengan dukungan ORARI Lokal Pringsewu dapat kembali mengikuti kegiatan JOTA-JOTI sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Dr.Fauzi yang juga Wakil Bupati Pringsewu sekaligus Ketua ORARI Lokal Pringsewu berharap melalui JOTA-JOTI dapat menumbuhkan sekaligus mengembangkan budaya berkomunikasi melalui radio amatir dan internet bagi anggota Pramuka, menambah wawasan dan pengetahuan tentang manfaat dan pengoperasian perangkat radio amatir dan internet, serta menjalin rasa kekeluargaan juga menambah sahabat melalui pertemuan di udara melalui perangkat radio amatir maupun internet.

Mas Fauzi, demikian sapaan akrab Wakil Bupati Pringsewu ini juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada ORARI yang selama ini banyak membantu kegiatan Kwarcab Pringsewu. “Semoga sinergitas antara Pramuka dan ORARI dapat lebih erat dan lebih baik lagi, sehingga pelaksanaan kegiatan JOTA-JOTI ataupun kegiatan lainnya dapat lebih meningkat lagi”, harapnya.

Untuk diketahui, kegiatan JOTA untuk pertama kalinya diprakarsai oleh seorang amatir radio dari Inggris bernama Leslie R.Mitchel (G3BHK), dalam rangka memperingati 50 tahun Gerakan Pramuka Dunia (Scout) pada tahun 1957.

Secara teknis, kegiatan JOTA menggunakan perangkat radio amatir, dengan mode CW (morse), maupun SSB, pada high frequency (HF) yakni gelombang 40 dan 80 meter band, dalam rangka memperkenalkan dunia amatir radio dan membantu anggota pramuka (scout) untuk dapat berkomunikasi dengan sesama anggota pramuka lainnya di seluruh dunia, atau untuk JOTA-JOTI Nasional tentunya dengan sesama anggota pramuka dari berbagai provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia melalui perangkat radio amatir.

Begitu pula dengan JOTI, yang pada prinsipnya sama dengan JOTA, namun sesuai dengan namanya Jamboree On The Internet, tentu perangkat yang digunakan adalah melalui fasilitas internet. Untuk kegiatan JOTA-JOTI 2021, Kwarcab Pringsewu memperoleh tanda panggilan atau callsign yakni YH4SJK. (Andoyo)

sumber/foto : https://sumaterapost.co/kwarcab-pringsewu-ikuti-jota-joti-2021/

Bagikan Artikel ini :


SUKSESKAN … MUSYAWARAH NASIONAL ORARI KE XII 2021
JAKARTA 26 – 28 NOVEMBER 2021
MUNAS ORARI KE XI Countdown Timer