Buka JOTA-JOTI Nasional Tahun 2021, Kak Bachtiar Ajak Pramuka Manfaatkan Teknologi dan Percepat Sinergitas

Buka JOTA-JOTI Nasional Tahun 2021, Kak Bachtiar Ajak Pramuka Manfaatkan Teknologi dan Percepat Sinergitas (foto by pramukadiy.or.id

JAKARTA — Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam hal ini Sekretaris Jenderal Kak Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar Utomo, S.IP, M.AP. membuka secara resmi kegiatan Jamboree On The Air (JOTA) Nasional ke-84 dan Jamboree On The Internet (JOTI) Nasional ke-42, Jumat (15/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kak Bachtiar membacakan sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka pada Pembukaan JOTA Nasional ke-84 JOTI Nasional ke-42 tahun 2021 dari Cibubur, Jakarta, secara luring terbatas dan diikuti daring oleh perwakilan Kwartir Daerah se-Indonesia.

Kak Bachtiar menggarisbawahi bahwa kegiatan JOTA-JOTI dapat diselenggarakan, dilaksanakan, dan diikuti seperti halnya jamboree biasa, peserta dapat bertemu dan beraktivitas dengan anggota pramuka atau peserta jambore yang lain melalui udara maupun internet.

Melalui sambutan tersebut disampaikan bahwa World Organization of Scout Movement (WOSM)/Gerakan Kepanduan Dunia menyebutkan bahwa kegiatan ini menyatukan jutaan pramuka setiap tahun di bulan Oktober, dilakukan untuk membina sekaligus belajar teknologi informasi.

“Ada 171 negara dan tetitori di seluruh dunia yang mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang menyenangkan, peserta dapat mengetahui nilai-nilai kemanusiaan dan kebudayaan yang universal, dan tentunya acara ini terbuka untuk seluruh pramuka di dunia secara internasional.

“Melalui internet dan radio amatir, dapat membangun kerja tim dan pemahaman lintas budaya,” lanjutnya.

Hal tersebut juga sesuai dengan arahan dari Ketua Majelis Pembimbing Nasional (Ka Mabinas) Kak Joko Widodo saat menyampaikan sambutan pada Apel Besar Hari Pramuka ke-60, agar seluruh anggota pramuka dapat belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, pramuka juga diajak untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Fleksibel dan harus cepat dalam belajar namun tidak lupa budaya bangsa, menerapkan nilai-nilai pancasila,” tegasnya.

JOTA-JOTI ini dapat dijadikan sebagai salah satu media untuk belajar mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan teman-teman pramuka di luar negeri, namun harus terus menjaga identitas bangsa Indonesia.

Kak Bachtiar juga mengajak semuanya untuk bergembira dalam berinteraksi selama kegiatan dalam JOTA dan JOTI ini. Memanfaatkan agar tetap berusaha dalam membantu terciptanya dunia yang lebih baik sebagaimana slogan dari Kepanduan Dunia.

Selanjutnya, pihaknya juga berpesan agar pramuka dapat memanfaatkan perangkat amatir radio maupun internet untuk berbagi kegiatan lainnya termasuk pula kegiatan pengabdian masyarakat seperti tema besar Hari Pramuka ke-60, yaitu Pramuka Berbakti Tanpa Henti

“Mari kita manfaatkan teknologi informasi yang ada untuk dapat mempercepat sinergitas gerakan pramuka untuk berbakti tanpa henti di segala bidang,” tutup Kak Bachtiar.

Agenda pembukaan JOTA JOTI ini dilanjutkan dengan prosesi Roll Call/QSO Perdana dari Kwarnas kepada Kwarda-Kwarda yang mewakili. Sebagaimana diketahui, kegiatan ini akan berlangsung sampai dengan 17 Oktober 2021 dan bisa diikuti melalui Kwartir Daerah, Kwartir Cabang, Gugusdepan, maupun dari rumah. (cst)

sumber/foto : https://pramukadiy.or.id/buka-jota-joti-nasional-tahun-2021-kak-bachtiar-ajak-pramuka-manfaatkan-teknologi-dan-percepat-sinergitas/

Bagikan Artikel ini :


SUKSESKAN … MUSYAWARAH NASIONAL ORARI KE XII 2021
JAKARTA 26 – 28 NOVEMBER 2021
MUNAS ORARI KE XI Countdown Timer