Jadikan Hari Bakti Postel ke-76 Semangat Membangun Inovasi

Foto by kominfo.go.id

Jakarta, Kominfo – Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan peringatan Hari Bhakti Postel ke-76 menjadi momentum semangat dalam membangun lebih cepat lagi infrastruktur telekomunikasi dan mengakselerasi ransformasi digital.  

“Semangat dari pelaksanaan Hari Bakti Postel ke-76 ini kita ejawantahkan dalam keadaan dan kondisi yang sekarang berlangsung. Semangat para pahlawan AMPPT nasional terus berkobar dari seluruh insan pos dan telekomunikasi,” ujarnya usai Upacara Hari Bakti Postel ke-76, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (27/09/2021). 

Menurut Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo, Pemerintah terus membangun inovasi-inovasi yang berkaitan dengan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia.  “Jadi seluruh infrastruktur di Republik Indonesia ini kita siapkan agar jangan ada masyarakat yang tidak bisa koneksi ke dunia digital,” jelasnya. 

Dirjen Ismail memaparkan komitmen Kementerian Kominfo bersama penyelenggara operator telekomunikasi untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di daerah 3T (tertinggal, terluar dan terdepan) di seluruh pelosok tanah air.

“Agar saudara-saudara kita juga menikmati kekayaan atau kemampuan untuk bisa koneksi ke dunia digital, agar bisa lebih meningkatkan produktifitas. Ini yang pertama, yakni infrastruktur digital di seluruh Indonesia,” paparnya. 

Menurut Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo, inovasi pembangunan infrastruktur telekomunikasi terus berlanjut dan sudah dimulai sejak pemerintahan Presiden Jokowi tahun 2019 sampai 2024. 

“Konkretnya adalah membangun infrastruktur di pelosok tanah air, jadi jangan ada yang tidak dapat sinyal khususnya sinyal 4G. Tentu kita juga melakukan proses literasi atau pembelajaran kepada 12,5 juta masyarakat di Indonesia untuk bisa memanfaatkan teknologi digital ini secara bijak dan produktif,” tandasnya.

Disamping itu, Kementerian Kominfo juga mendorong komponen masyarakat untuk meningkatkan kompetensi, baik pelaku usaha maupun pengguna dari infrastruktur digital.  

Khusus infrastruktur digital, Dirjen Ismail mengatakan lebih dari 12 ribu desa/kelurahan yang belum dibangun Base Transceiver Station (BTS) dari total 83 ribu desa dan kelurahan di seluruh Indonesia ditargetkan rampung pada tahun 2022. 

“Progres untuk infrastruktur digital tahun 2021 ini dituntaskan 30 persen, dan 70 persen sisanya akan dituntaskan di tahun  2022 dari 12.500 desa/kelurahan yang belum ada sinyal 4G dari 83 ribu lebih total desa dan kelurahan di Indonesia,” tuturnya.

Upacara peringatan Hari Bakti Postel tahun ini juga dihadiri Ketua Korps Veteran Karyawan Postel – Legiun Veteran Republik Indonesia (KVK Postel/LVRI) mewakili Ketua dan para anggota KVK Postel di Indonesia,Ary Moeljono Atmowidjojo;  Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, Sekretariat Militer Presiden Republik Indonesia, Ludi Prastyono;  Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), selaku Ketua Panitia Hari Bhakti Postel ke-76, Jamalul Izza.

Hadir pula Pimpinan Perusahaan Mitra Kerja, Asosiasi, dan Unit Pelaksana Tugas (UPT) Bidang Komunikasi, Informatika, Pers dan Media di seluruh wilayah Indonesia, beserta seluruh jajarannya, 

sumber/foto : https://www.kominfo.go.id/content/detail/37202/jadikan-hari-bakti-postel-ke-76-semangat-membangun-inovasi/0/berita_satker

Bagikan Artikel ini :