Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas Dua Gelar UNAR Wilayah Jayapura , Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Papua Ikut UNAR

foto by rri.co.id

KBRN, Jayapura : Untuk kedua kalinya, organisasi Radio Amatir (ORARI) lokal Kota Jayapura bersama Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas Dua Jayapura mengelar Ujian Negara Amatir Radio (Unar) berbasis computer.

Unar diikuti 57 peserta  dengan mengedepankan protokol kesehatan, memakai masker, mengukur suhu tubuh sebelum memasuki ruang ujian, menggunakan hand sanitizer serta pelaksanaan ujian di bagi tiga shift.

Christina L Mano, yang tak lain ketua Kwartir Gerakan Pramuka Papua, adalah salah satu peserta unar. Dia mengatakan kehadiran orari sangat penting, terutama dalam kegiatan kepramukaan, baik di tingkat daerah maupun nasional.

“Kegiatan di Kepramukaan itu, seperti jota-joti yang kerab dilakukan oleh anggota Pramuka, ini kan juga menggunakan radio ya, jadi memang kehadiran Orari begitu penting bagi kami kader Pramuka,” ujar Christina.

Sependapat dengan Christina L Mano, Kepala Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas Dua Jayapura Rachim Pribadi, menyatakan pentingnya frekuensi Radio, dia pun mengingatkan seluruh anggota Orari regular maupun non regular untuk memanfaatkan frekuensi dengan baik.

Cristhina L. Mano , mengikuti Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) di Jayapura dan dinyatakan LULUS dengan mendapat Callsign YD9VIY.

“Frekuensi ini harus dimanfaatkan dengan baik, sesuai dengan lokasi masing-masing. Jangan sampai menggunakan frekuensi orang lain, sehingga mengganggu komunikasi kita di udara,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Orari Lokal Kota Jayapura, Gayatri mengatakan Unar di tahun 2021 berbeda dengan pelaksanaan Unar di tahun –tahun sebelumnya.

“Dalam kepemimpinan saya, ini sudah 2x dilaksanakan ya, dan ujiannya berlangsung dengan baik, semoga mereka semua nanti lulus,” harap Gayatri.

57 calon anggota Orari Lokal Kota Jayapura yang mengikuti Unar terdiri dari 35 orang anggota siaga, 19 orang penggalang dan empat orang penegak.

Mereka yang dinyatakan lulus Unar, nantinya akan langsung menggurusi IAR (ijin amatir radio) sebagai anggota Orari.

Cristhina L. Mano , mengikuti Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) 10 Juli 2021 di Jayapura dan dinyatakan LULUS dengan mendapat Callsign YD9VIY.

sumber berita : https://rri.co.id/jayapura/daerah/1114103/orari-lokal-jayapura-gelar-unar-secara-online
foto : https://web.facebook.com/groups/45643447929/user/1543164068/?cft[0]=AZUjgm9MGPS-w3lvVAWOOHCybTvAKsd86BXep4f0wAoTgvTFDWssYA07piGWLyH_-aSRfyBA_cmj4QBNeP4IwweMpN47gbs8w6pgmXw6l-RfOziG-3fpb5I7m6n9nPyvIRDzPo0XxKRRU3v-0QDHw8ifR9_CXyWLnChxlRXJPEeC25oG6i2i4mU41WElJtm3cAOW9Qpg-CVRz_rbPtL43yeP&tn=-]C%2CP-R

Bagikan Artikel ini :