PPKM Darurat Hari ke-7: Sejumlah Terobosan Kemenkes Merespons Lonjakan Kasus

foto ilustrasi by antaranews.com

Jakarta, 9 Juli 2021 – Saat ini terjadi lonjakan kasus COVID-19 dan peningkatan kasus masuk rawat inap. Untuk itu, Kementerian Kesehatan tetap berusaha melakukan konversi tempat tidur agar 30% tempat tidur di rumah sakit tersedia
untuk perawatan pasien COVID-19.

Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi, saat ini kasus COVID-19 yang masuk rumah sakit di DKI Jakarta dan beberapa wilayah di pulau Jawa meningkat tajam dan hampir mencapai batas kapasitas RS. Di DKI Jakarta, angka Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur yang hampir menyentuh 90%.

Merespons hal itu, Pemerintah dalam hal ini Kemenkes, Kemenag dan Provinsi DKI Jakarta mengambil langkah nyata untuk menyiapkan fasilitas layanan kesehatan darurat untuk pasien positif COVID-19 dengan gejala sedang dapat dirawat di Asrama Haji Pondok Gede.

Untuk kebutuhan ini, lanjut dr Nadia, Pemerintah telah melakukan renovasi kamar, tempat tidur, penyediaan alat kesehatan dan fasilitas pendukung medis serta non medis lainnya di Asrama Haji Pondok Gede. Terdapat 8 gedung di Wisma Haji ini yang siap dipakai. Terdiri dari 1 gedung Arafah untuk perawatan intensif, 2 gedung untuk asrama Perawat, dan 5 gedung lagi telah disiapkan untuk perawatan pasien positif COVID-19 dengan gejala sedang.

“Secara total, di Asrama Haji ini Pemerintah telah menyiapkan 860 tempat tidur isolasi, 50 ICU (Intensive Care Unit), dan 40 HCU (High Care Unit). 5 gedung yang telah disiapkan sebagai ruang perawatan bagi pasien COVID-19 dengan gejala sedang dan juga tersedia HCU di masing-masing gedung, adalah gedung A, B, C, H dan D5,” papar dr Nadia saat menyampaikan perkembangan terkini implementasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Jumat (9/7).

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download Siaran Pers [111.75 KB]

sumber : suryo susilo – YB0JTR

Bagikan Artikel ini :