Gempa M5,1 Timbulkan Guncangan Kuat Selama Beberapa Detik

Foto : Gempa berkekuatan M5,1 terjadi pada Rabu (14/4) dengan pusat gempa berada di laut 59 km barat daya Bayah, Kabupaten Lebak dan berkedalaman 17 km. (BMKG)

JAKARTA – Masyarakat Lebak dan Sukabumi merasakan guncangan gempa dengan magnitudo (M) 5,1 pada Rabu (14/4) Pukul 13:28 WIB. Pusat gempa berada di laut 59 km barat daya Bayah, Kabupaten Lebak dan berkedalaman 17 km. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak menginformasikan masyarakat di wilayahnya merasakan guncangan sedang selama 2 hingga 3 detik. Sedangkan di wilayah Kabupaten Sukabumi, BPBD melaorkan masyarakat merasakan guncangan cukup kuat selama 2 detik. Masyarakat di dua wilayah ini sempat panik saat gempa terjadi. Namun demikian, kondisi masyarakat sudah kembali kondusif.

Sementara itu, BMKG mengidentifikasi peta guncangan dengan skala MMI, sebagai berikut II – III MMI Kabupaten Sukabumi, II MMI berada di Pelabuhan Ratu, Bayah dan Jakarta. Skala Mercalli atau MMI merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Parameter III MMI mendeskripsikan getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Berdasarkan pemodelan BMKG, gempa ini tidak memicu terjadinya tsunami. 

BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa bumi yang dapat terjadi waktu-waktu. Dalam konteks bahaya gempa bumi, dampak korban jiwa sering terjadi akibat reruntuhan bangunan. Masyarakat dapat mengakses InaRISK untuk mengidentifikasi potensi risiko di sekitar. 

Dr. Raditya Jati

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB

sumber: https://bnpb.go.id/berita/gempa-m5-1-timbulkan-guncangan-kuat-selama-beberapa-detik?fbclid=IwAR3uAZN1xTi83th1432jewO-FmRyoBfu7rKrmC0VtONmaR-u3PBi13u4cC0

Bagikan Artikel ini :


SUKSESKAN … MUSYAWARAH NASIONAL ORARI KE XII 2021
JAKARTA 26 – 28 NOVEMBER 2021
MUNAS ORARI KE XI Countdown Timer