Bermanfaat Bagi Masyarakat Dan Legal

ORARI (14/4). “Radio yang kita miliki hendaknya bermanfaat bagi masyarakat, selain bermanfaat juga harus legal perijinannya,” pesan Ketua ORARI Lokal Pacitan Agus Hadi Prabowo – YB3HQM, saat melepas keberangkatan sepuluh Calon Peserta Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) Tingkat Siaga. Pelaksanaan UNAR diselenggarakan oleh Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Yogyakarta pada hari ini (12/04/2021).

Di tengah suasana pandemik COVID-19 dengan segala akibatnya di masyarakat nampaknya kesadaran akan adanya legalitas dalam menggunakan frekuensi radio sebagaimana peraturan perundang-undangan, cukup tinggi di Pacitan. Dari sejumlah sepuluh peserta UNAR hari ini, ada tujuh orang merupakan warga Kecamatan Bandar yang berjarak 40-50 km dari Kota Pacitan dengan kondisi geografis perbukitan/pegunungan. Kemudian tiga orang berasal dari Kecamatan Tegalombo, Kebonagung dan Pacitan, masing-masing satu orang.

“Saya ikut UNAR lagi, setelah proses perpanjangan IAR saya gagal di masa-masa transisi proses manual melalui ORARI Daerah dan online. Saya berharap callsign YD3MWT setelah UNAR ini Kembali kepada saya,” jelas Wisnu (eks YD3MWT). Keberadaan dan legalitas IAR bagi Wisnu sangat penting, karena kesehariannya Wisnu ini adalah salah satu Relawan PB Pacitan. Saat darurat keberadaan radio komunikasi sangat penting.

Peserta UNAR lain menyatakan, “Rumah saya di gunung sulit dijangkau, saya hanya memiliki sebuah HT dan rig vhf dengan pancaran terbatas, rasanya kok ndak mungkin ada sweeping dari Balmon sampai rumah saya, namun, sesuai ketentuan harus punya ijin, maka saya ikut UNAR dan mengikuti prosedur sebagaimana peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” jelas Sucipto peserta UNAR asal Kec. Bandar Kab. Pacitan.

Sampai tulisan ini dibuat, hasil UNAR di Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Yogyakarta sudah diumumkan dan semua peserta UNAR dari Lokal Pacitan dinyatakan lulus dengan nilai yang bervariasi. “Semoga setelah dinyatakan lulus diberikan kelancaran dan kemudahan, segera mengurus IAR melalui Web SDPPI, dan e-TA di aplikasi ORARI. Jika semua sudah dilakukan dan dilaksanakan. Selamat datang di dunia Amatir Radio,” harapan YB3HQM – Agus – Ketua ORARI Lokal Pacitan. [yd3cnh]

kontributor berita : Joko Wahyudiyanto

Bagikan Artikel ini :


SUKSESKAN … MUSYAWARAH NASIONAL ORARI KE XII 2021
JAKARTA 26 – 28 NOVEMBER 2021
MUNAS ORARI KE XI Countdown Timer