Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Padang Mengadakan UNAR Tahun 2021

Anggota Orlok Bukittinggi Agam setelah mengikuti UNAR foto bersama

ORARI(3/3). Bukittinggi – Ketua Orari lokal (Orlok) Bukittinggi Agam, Syahrul Junaidi, Selasa (1/3/2021) mengatakan anggota Orlok Bukittinggi Agam harus mengetahui pengertian dan pemahaman tentang amatir radio sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi nomor 17 tahun 2018, maka dari itu diharuskan memiliki Izin Amatir Radio (IAR).

Jika ada kesempatan Orari daerah (Orda) Sumatera Barat mengadakan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR), calon anggota Orlok Bukittinggi Agam dianjurkan untuk mengikutinya guna mendapatkan IAR. Untuk awal tahun 2021 ini Orlok Payakumbuh menyelenggarakan UNAR, pada UNAR tersebut sebanyak 17 orang calon anggota Orlok Bukittinggi Agam mengikutinya dan seluruhnya dinyatakan lulus, ucapnya.

Sementara itu Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio kelas II Padang, Zainullah Manan, menjelaskan UNAR non reguler pertama di tahun 2021 diselenggarakan di Orlok Payakumbuh, Sabtu (27/2) yang merupakan program kerja Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio kelas II Padang, UNAR yang diselenggarakan usulan dari Orari pusat (Orpus) melalui Balmon.

Ketua Orlok Bukittinggi Agam bersama Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio kelas II Padang Zainullah Manan

Di masa pandemi COVID-19 ini pembayaran peserta yang mengikuti UNAR dengan sistem online dan ujian peserta dengan Computer Assisted Test (CAT), diharapkan peserta lebih dari 100 orang, tapi menurut panitia hanya sekitar lebih dari 80 orang yang mengikutinya dari seluruh Orlok Sumatera Barat. Dikarenakan semuanya dengan sistim, peserta yang telah mengikuti UNAR dinyatakan lulus langsung mendapat IAR dari Orpus. Alhamdulillah pelaksanaan UNAR berjalan lancar.

Selain itu UNAR reguler diadakan di Balmon Kota Padang setiap saat dan untuk non reguler diadakan 2 kali setahun di Kabupaten Kota melalui Orda Sumatera Barat, harapan Zainullah Manan sebagai regulator agar semua pengguna spektrum itu sesuai dengan peruntukannya dan tidak saling mengganggu spektrum lainnya, jelasnya.

UNAR dengan sistem online dan ujian peserta dengan Computer Assisted Test (CAT)

Sedangkan Ketua Orda Sumbar, H.Yuliarman mengatakan untuk UNAR awal tahun 2021 diprioritaskan kepada Orlok Payakumbuh dan Limapuluh Kota, dengan diselenggarakannya UNAR ini diharapkan akan bertambah jumlah anggota Orari di Sumatera Barat. Dengan banyaknya peserta yang mengikuti UNAR dari calon amatir dan juga dari anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), ini menandakan adanya peningkatan dan kualitas amatir radio.

Dalam aturan yang diberlakukan yaitu station yang mempunyai antena lebih dari 12 meter dari permukaan tanah, dayanya yang lebih dari 25 Watt, pengguna perangkat ini harus  menjadi anggota Orari dan bukannya RAPI. Para amatir radio sudah meningkatkan kualitas komunikasinya, Orari menyambut baik dengan adanya anggota RAPI mengikuti UNAR. Menjadi anggota Orari harus mengikuti ujian karena menjadikan amatir radio yang berkualitas komunikasinya dan bisa dipertanggungjawabkan, Orari sudah internasional, ungkap Yuliarman.

Iwan Plt ketua Orari lokal Payakumbuh, menjelaskan peserta yang mengikuti UNAR tahun 2021 cukup antusias sebanyak 87 orang, untuk anggota Orlok Payakumbuh sebanyak 18 orang, ini meningkat dari tahun sebelumnya. Peminat untuk masuk amatir radio cukup tinggi, mudah-mudahan tahun berikutnya tambah meningkat. Jika ada anggota Orlok Payakumbuh yang melanggar batas-batas aturan Permen Kominfo nomor 17 tahun 2018, pengurus lokal memberitahu untuk bermain sesuai yang telah ditetapkan frekuensi dan daya yang boleh dipergunakan. Mengenai anggota RAPI yang mengikuti UNAR cukup meningkat sebanyak 60 persen, berarti minat mereka cukup antusias menjadi anggota Orari. Ini menandakan pelayanan Orari kepada masyarakat cukup baik, pungkas Iwan. (Iwin SB)

sumber : http://orari-lokal.bukittinggi-agam.or.id/2021/03/02/balmon-spektrum-frekuensi-radio-kelas-ii-padang-mengadakan-unar-tahun-2021/?fbclid=IwAR0RXstM2zKhkujowyaugM4dt-aBFLFGq__RlQ7_4-2MtHNmR7j0w2-1GDQ

Bagikan Artikel ini :