Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI diaktifkan untuk DUKOM Gempabumi Di Majene

ORARI(15/1). Hari Jumat, 15 Januari 2021 pukul 01.28.17 WIB wilayah Majene diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo M=6,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2,98 LS dan 118,94 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km arah TimurLaut Majene, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 km.

Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI diaktifkan untuk Emergency Communication dalam misi Voice Repeater/Komunikasi Suara (VR) untuk mendukung komunikasi/dukungan komunikasi (DUKOM) di Majene, Sulawesi Barat sebagai wilayah terdampak gempa.
Berikut jadwalnya:

Telah dilaporkan pada lintasan pertama Voice Repeater Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI, pagi ini, 15 Januari 2021, jam 09:02WIB melalui komunikasi Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI, sebagai Net Control Station Emergency Communication yaitu P. SURYONO ADISOEMARTA (OM YONO-YD0NXX), menerima laporan dari RISKI- YD8ACD yang melaporkan bahwa satu orang anggota ORARI Lokal Bulukumba, JUANDY TANDEAN-YD8AVS sedang melakukan persiapan untuk menuju ke lokasi bencana gempabumi di Majene dengan dibekali peralatan antena Moxon untuk komunikasi Satelit.

Rekaman VR DUKOM Gempabumi Majene via Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI

Dilaporkan juga melalui Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI, anggota ORARI dari Lokal Toli Toli, Sulawesi Tengah, RAMLI BUTUDOKA-YC8MVV, bahwa rekan rekan ORARI Lokal Majene, sedang melakukan pemasangan peralatan untuk Dukungan Komunikasi, seperi antena dan radio.

Ada beberapa anggota ORARI disekitar Lokasi Bencana yang memonitor dan standby pada Frekuensi Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI, sempat terdengar dan tercatat : YUSRI-YD8KYS dari ORARI Lokal Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara dan HERRY J.J.P DOTULONG-YC8RPJ dari ORARI Lokal Kota Bitung, Sulawesi Utara.

Demikian laporan dari rekan rekan anggota ORARI yang tergabung dalam AMSAT-ID, dari sekitar Lokasi bencana alam Gempabumi di Majene, Sulawesi Barat.

sumber: Tim Emergency Communication AMSAT-ID
https://web.facebook.com/lapansatellites/

Bagikan Artikel ini :