Kegiatan SES Hari Bela Negara ke 72 Dan Hari Jadi Kota Bukittinggi ke 236

ORARI(7/1). Kegiatan yang diadakan Orari lokal Bukittinggi Agam di akhir tahun 2020 yaitu kegiatan Special Event Station (SES) Hari Bela Negara ke 72 dengan callsign 8A72PDRI dan SES Hari Jadi Kota Bukittinggi ke 236 tahun dengan callsign 8C236BKT, Tahun 2020, Alhamdulillah berjalan lancar dan sukses.

Kegiatan tersebut diapresiasi rekan amatir radio Indonesia dan dunia, Ini disampaikan John Hendri (YD5ACR) pengurus Orari lokal Bukittinggi Agam dan juga sebagai ketua pelaksana kedua kegiatan itu, Senin (4/1/2021).

Lebih lanjut dikatakannya kedua Special Event Station tersebut diapresiasi sebanyak lebih dari 1400 amatir radio di seluruh NKRI dan dunia terdiri dari benua Asia, Eropa, bahkan dari benua Afrika ikut berpartisipasi dengan mengucapkan Hari Bela Negara ke 72 dan Hari Jadi Kota Bukittinggi ke 236 tahun dengan menggunakan HF 40 Meter freq 7.135 Mhz, VHF freq 145.230 Mhz, HF 80 Meter freq 3.840 Mhz, AMSAT dengan freq 145.880 Mhz dan 435.880 Mhz serta APRS freq 145.825 Mhz, dan HF 40 Meter DX Only.

Dengan hastag ”Bersama Kita Bisa” artinya semua pengurus maupun anggota Orari lokal Bukittinggi Agam bersama bekerja dan bekerja sama dalam penyelenggaraan SES ini, mempersiapkan SDM amatir radio saling bantu membantu untuk melaksanakan SES yaitu mulai dari administrasi, teknis perangkat antena dan radio berikut yang lainnya, sebagai panitia ketua pelaksana kegiatan SES ini merupakan amanah dari pengurus Orari lokal Bukittinggi Agam, ucap John Hendri.

Rekan-rekan amatir radio sangat tertarik dengan kegiatan SES, ini dibuktikan dengan solid, kompak dan support. Dari awal kegiatan tanggal 21 Desember hingga 27 Desember 2020 rekan-rekan antusias sekali saling bantu membantu untuk suksesnya acara kegiatan ini dan memberikan potensi masing-masing dengan membawa perangkat radio amatir ke sekretariat untuk dijadikan sebagai radio pemancar (transmitter) dan penerima (receiver).

Diharapkan tahun selanjutnya kegiatan SES berlanjut terus dijadikan program tetap Orari lokal Bukittinggi Agam dan dijadikan agenda tahunan, karena kegiatan ini adalah merupakan kegiatan seluruh pengurus dan anggota Orari lokal Bukittinggi Agam untuk memajukan amatir radio, harap John Hendri.

Sementara itu ketua Orari lokal Bukittinggi Agam, Syahrul Junaidi (YB5AJO) menjelaskan pada kegiatan SES Hari Bela Negara ke 72 dibuka oleh Dandim 0304 Agam Letkol Arh Yosip Brozti Dadi, SE, M.Tr (Han) yang langsung mengajak rekan-rekan amatir radio di seluruh NKRI dan dunia untuk berpartisipasi pada kegiatan 8A2PDRI, atas partisipasi rekan-rekan amatir radio, saya ucapkan terima kasih, salam 73, ucap Dandim 0304 Agam.

Sedangkan pada SES Hari Jadi Kota Bukittinggi ke 236 tahun dibuka oleh Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Kota Bukittinggi Novri dengan QSO mengajak rekan-rekan penggiat amatir radio atau anggota Orari dimanapun berada untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan Special Call memperingati Hari Ulang Tahun Kota Bukittinggi yang ke 236 tahun dengan callsign 8C236BKT, kata Novri.

Syahrul Junaidi mengatakan penggalangan dana kedua kegiatan ini adalah dari rekan-rekan Orari lokal Bukittinggi Agam, kegiatan ini merupakan sumbangsih kami sebagai organisasi yang memang bernaung dibawah Pemerintah Kota Bukittinggi dan Pemerintah Kabupaten Agam, sesuai dengan amanat anggaran dasar dan anggaran rumah tangga bahwa organisasi kita wajib menjalin hubungan baik dengan Pemerintah. Dalam berorganisasi tentu kita menjalin hubungan kerjasama dengan Pemerintah, sebagai Ketua Orari lokal Bukittinggi Agam mempunyai prinsip ingin membesarkan organisasi ini sesuai dengan tupoksi dari organisasi, bahwasanya tetap kita menjual nilai-nilai yang ada pada organisasi untuk bekerjasama dan bersinergitas dengan Pemerintah Kota Bukittinggi dan Pemerintah Kabupaten Agam, pungkas Syahrul Junaidi. (Iwin SB)

source/foto: orari-lokal.bukittinggi-agam.or.id