ORARI Daerah Jawa Tengah mengikuti Latihan Gabungan Relawan Penanggulangan Bencana

ORARI(28/12). Dalam rangka peningkatan kemampuan dan ketrampilan Personil BPBD dan Relawan Penanggulangan Bencana (PB) di bidang penanganan darurat bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah mengadakan latihan gabungan (Latgab) Relawan Penanggulangan Bencana.

ORARI Daerah Jawa Tengah dalam Latihan Gabungan ini menugaskan 2 anggota, SUSILO HARI PUTRANTO – YC2PRO (Ketua ORARI Lokal Klaten) dan BERNADUS SURIPTO – YF2ASW untuk mewakili permintaan peserta dari BPBD Provinsi Jawa Tengah guna mengikuti kegiatan Latihan Gabungan Relawan PB selama dua hari, tanggal 15 s/d 16 Desember 2020 di Surakarta.

Dipimpin Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Provinsi Jawa Tengah, Bp. Dikki Rulli Perkasa, SE dalam latihan gabungan tersebut, beberapa materi disuguhkan oleh pembicara /fasilitator diantaranya dari BMKG Stasiun Klimatologi Semarang,Tim Universitas Negeri Semarang, Tim pusdalops BPBD dan Tim APDI Regional Jateng-DIY untuk dijadikan bekal manakala ada bencana yang sewaktu-waktu terjadi.

Fasilitator dari BMKG Stasiun Klimatologi Semarang dalam latihan ini membekali peserta dengan materi Prakiraan, Evaluasi dan Antisipasi bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Jawa Tengah dalam memasuki puncak musim penghujan, dengan aplikasi yang dibuat oleh BMKG, diantaranya cara membaca pengaruh arah angin, suhu dan kelembaban untuk prakiraan hujan.

Aplikasi Ina-Risk juga dipaparkan dari fasilator Pusat Studi Bencana Universitas Negeri Semarang sebagi materi dalam mendukung sistem informasi dan pelaporan kejadian bencana, dalam hal ini ORARI diharapkan dapat mengadopsi basic dari aplikasi Ina-Risk untuk pemetaan anggota, jika sewaktu-waktu terjadi bencana langsung terpetakan anggota disekitar lokasi.

Sementara untuk materi Sistem Informasi Kebencanaan dan Sistem Pelaporan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana langsung di sampaikan oleh tim dari Pusdalops BPBD Kabupaten Magelang. Pelaporan kejadian bencana oleh ORARI / TRC dipraktekkan dengan menggunakan frekwensi radio dengan nama panggilan atau Callsign.

Dalam kesempatan itu, Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) regional Jateng-DIY juga menyampaikan materi operasional drone sekaligus praktek dalam pengoperasiannya.(\tfb)

source/foto: https://oraridaerahjateng.or.id/

Bagikan Artikel ini :