Keterlibatan ORARI Lokal Banjarnegara dalam Percepatan Penanganan Tanah Longsor

ORARI(14/12). Dalam rangka Percepatan Penanganan Tanah Longsor di Kabupaten Banjarnegara, ORARI Lokal Banjarnegara mendapat undangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara untuk membahas keterlibatan relawan di Posko Aju. Hadir Ketua ORARI Banjarnegara Harsono Widjajanto – YB2JXC untuk ikut telibat dalam kesempatan itu.

Sebelumnya Kabupaten Banjarnegara telah terjadi bencana tanah longsor dan gerakan tanah di 2 desa yaitu Desa Bantar dan Suwidak pada 03 Desember 2020 yang berdampak kerusakan infrastruktur ruas jalan yang cukup parah dan membahayakan untuk dilalui.

Selain kerusakan infrastruktur juga berdampak terhadap rumah yang rusak berat di Desa Suwidak dan Desa Bantar serta sebuah tempat ibadah yaitu Mushola Al Hidayah.

Sementara pengungsi permanen dari total 8 KK sebanyak 21 jiwa dan 53 KK dengan 174 jiwa mengungsi tentatif jika situasi darurat. 28 Titik Pengungsian yaitu di Dukuh Selamanik Dusun Ngalian 27 titik dan di Desa Bantar 1 titik. Perkembangan pengungsi Permanen dan tentatif hari ini Jumat 11/12/2020 Total : 61 KK 195 jiwa.

Dalam operasi lapangan, yaitu evakuasi material bangunan rumah dan pembuatan lahan relokasi mandiri untuk rumah yang terdampak. Kegiatan lanjutan yaitu optimalisasi Posko Penanganan Bencana Alam Tanah Longsor Dan Gerakan Tanah, Validasi perkembangan data pengungsi dan titik pengungsian, Pengelolaan dan pendistribusian Logistik dan Produksi makan untuk giat kerja bhakti dan relawan yang bertugas.

Beberapa kendala yang dihadapi akses ruas jalan Bantar – Suwidak ke lokasi kejadian bencana mengalami kerusakan sehingga perlu berhati hati dan waspada, aliran listrik PLN sering padam diwilayah Kec Wanayasa dan ada pemutusan jaringan di lokasi kejadian bencana Suwidak, Signal seluler sulit untuk komunikasi, pergerakan dan penambahan pengungsi masih dapat berubah sewaktu-waktu, Struktur Pos Komando yang sudah di buat belum berjalan maksimal dan intensitas hujan di lokasi kejadian bencana masih tinggi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau warga yang berada di zona bahaya untuk waspada dan berhati hati.(\tfb)

ORARI Lokal Banjarnegara

sumber/foto: https://oraridaerahjateng.or.id

Bagikan Artikel ini :