Summits On The Air (SOTA) Gunung Wilis YBJ/JI-021

ORARI Lokal Ponorogo – YH3AC Club Station Orlok Ponorogo melakukan kegiatan Summits On The Air (SOTA) di Gunung Wilis YBJ/JI-021, Jawa Timur.

SOTA sendiri bertujuan untuk mendapatkan penghargaan bagi amatir radio yang melakukan panggilan dari sebuah gunung untuk melakukan kontak dan mentransmisikan dari mereka. Masing-masing penghargaan akan diberikan kepada aktivator (mereka yang naik ke puncak) dan pemburu / Hunter (yang beroperasi dari rumah / base station), puncak bukit atau gunung sekitar atau bahkan aktivator di puncak lainnya).

Dalam Tag Bedah Vidio kali ini kita akan mengupas pada Chanel Youtube dengan akun Vidio GoKong.

Terlihat keseruan teman-teman yang melakukan aktivasi di Gunung Wilis yang tercatat dalam SOTA Associations dengan ketinggian 2.563 meter di atas permukaan laut.

Detik- detik awal perjalanan ke gunung wilis yang tercatat dalam list SOTA dengan kode YBJ/JI-021 terlihat suasana yang sejuk dengan beberapa pohon pinus yang menjulang tinggi tertembus sinar matahari disela-sela daun dan rantingnya.

Perjalanan yang melalui jalan setapak dan membelah semak-semak terlihat seru, dengan membawa peralatan komunikasi dan antena. terlihat 5 personil saling membantu dan tarik tangan untuk mencapai puncak Wilis. Ditengah perjalanan pada menit 1.41 detik, terlihat rintik air hujan yang menghalangi perjalanan mereka.

Dengan menggelar alas untuk duduk dan tenda warna orange untuk berteduh dari rintik hujan, terlihat pemanggilan CQ SOTA, dari Nur Budi Widodo – YF3DUO dalam Summits On The Air, di Gunung Wilis YBJ/JI-021 . Panggilan pun di respon oleh YC2EPY dengan report 5 dan 9 (Five and Nine) dan mengucapkan selamat dan sukses kegiatan SOTA ini. Tak selang terdengar stasiun dari Call Area 0 (zero) Jakarta Selatan YD0AUJ , yang portable di Depok dengan report 5/9 dan panggilan CQ SOTA terus saja dilanjut dengan respon dari beberapa stasiun yang mendengarnya.

Tak hanya melalui HF, SOTA ( Summits On The Air) Gunung Wilis ini juga melakukan panggilan melalui satelite IO-86. Dengan melakukan CQ satelite oleh aktivator Agus Wahyuino – YD3AJO.

Pada sebuah komentar Akun facebook Saturna, juga di sampaikan bahwa untuk SOTA Gunung Wilis YBJ/JI-021 akan diadakan juga melalui 2 meter band. Kita tunggu keseruan berikutnya.

Jadi pingin juga ikut kegiatan ini,
Anda berminat …tertarik?
Jika demikian Anda dapat bergabung melalui > JOIN < disitu Anda akan mendapatkan cara, aturan dan pedoman untuk bergabung di Summits On The Air ( SOTA).

ORARI Pusat juga akan mengadakan webinar ORARI seri 12 Tentang Islands On The Air (IOTA) dan Summits On The Air (SOTA) sebagai pengembangan diri Amatir Radio secara gratis pada 05 Desember 2020 Pukul 07.00 UTC. Terbuka untuk seluruh anggota ORARI dengan beberapa narasumber, aktivator dan moderator Erdius Zein – YB0QA & Halim Dani-YB2TJV

sumber: https://yd2tfb.wordpress.com/

Bagikan Artikel ini :