ORARI Lokal Jeneponto Mendukung Kegiatan JOTA 2020 Di GOR Turatea

Jakarta (21/10). Kegiatan Jamboree On The Air ( JOTA) tahun 2020 di Kabupaten Jeneponto dilaksanakan dengan digelarnya Upacara Pembukaan JOTA 2020 pada tanggal 16 Oktober 2020 oleh Ketua Harian Kwartir Cabang Kabupaten Jeneponto Drs. NURALAM BASYIR, M.Si bertempat di lapangan olah raga TURATEA dan diikuti peserta JOTA-JOTI 2020 sebanyak 89 orang di berbagai tingkatan dari 11 Kwartir ranting yang ada.

Ketua harian dalam sambutannya mengharapkan agar adik-adik pramuka kwarcab Jeneponto ikut berperan serta dalam agenda tahunan ini karena Event JOTA JOTA ini dilaksanakan secara serentak pada minggu ke 3 di seluruh dunia,

Lebih lanjut Drs. Nuralam Basyir, M, Si bahkan memberikan semangat kepada peserta JOTA, bahwa jika ada yg bisa komunikasi dengan stasiun jota lain atau dari luar negeri dengan menggunakan bahasa inggris maka akan saya kasih bonus 5 juta rupiah, tutur ketua harian yg juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jeneponto tersebut. tapi itu harus dengan bukti rekaman videonya, sambungnya.

Diakhir sambutan ketua harian menghimbau agar adik adik pramuka tidak GAPTEK alias gagap teknologi untuk bisa berselancar di dunia maya lewat event JOTI ( jambore on the internet), sementara itu , dalam sambutan tertulis Ketua ORARI Lokal Jeneponto Bapak H. AHMAD SARRO – YC8ASR sangat mengapresiasi semangat juang adik-adik pramuka yg sudah melaksanakan Kegiatan/Event JOTA JOTI atau biasa disebut Jambore Udara sejak tahun 2016 dan mengharap kepada tim ORARI yang mendampingi peserta JOTA agar memberikan bimbingan tata cara dan operating prosedur khusus dalam giat jota dan tetap berpedoman kepada juknis yang ada.

Sebelum adik adik pramuka memancar, semua persyaratan adminstratif seperti IAR Khusus Jota sudah difasilitasi oleh pihak ORARI Lokal Jeneponto melalui ORARI Daerah  8 Sulawesi Selatan , yang merupakan syarat untuk mendapatkan tanda panggilan (callsign) YH8AJE dan yang menjadi penanggung jawab station JOTA YH8AJE adalah JAFAR M. KILAT – YB8CMT yang juga merupakan Sekretaris ORARI Lokal Jeneponto.

Juga pembekalan dan penyajian materi jota, cara membuat logsheet, QSL cards, membuat akun qrz dot com serta materi pengenalan Amatir Satelit voice repeater oleh AMSAT-ID ORARI Lokal Jeneponto.

Penutupan jota tgl 18/10/2020 diwakili oleh sekretaris kwarcab jeneponto MUH. RAIS, S.Pd dalam arahannya agar pelaksanaan JOTA JOTI 2021 mendatang, adik2 lebih bisa ditingkatkan kecakapannya dalam berJOTA dan berjanji akan mempersiapkan sarana pendukung yang masih dianggap kurang, ungkap pak sekretaris diakhir pidato penutupannya.

kontributor berita/foto : Jafar M.Kilat