JOTA – JOTI Gerakan Pramuka Kwarcab Kebumen 2020 Bersama ORARI Lokal Kebumen

KEBUMEN 18 Okt 2020. Gerakan Kepanduan di seluruh dunia terutama Gerakan Pramuka mempunyai kerjasama yang baik, setiap tahun mereka sepakat untuk mengadakan Jambore via Radio Amatir dan Internet atau yang lebih dikenal dengan istilah JOTA – JOTI (Jambore On The Air – Jambore On The Internet) kegiatan ini juga melibatkan organisasi lain yaitu Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI).

Tercatat dalam sejarah Dewan Kerja Cabang (DKC) Kebumen yang bekerja sama dengan ORARI Lokal Kebumen pernah mendapatkan apresiasi positif dari Panitia Nasional tahun 2012 karena menjadi station JOTA paling banyak berkomunikasi dengan station JOTA yang lain. Maka dari itu, Dewan Kerja Penegak dan Pandega Kwartir Cabang (DKC) Kebumen merasa perlu mempertahankan prestasi ataupun menjadikan kegiatan JOTA – JOTI sebagai kegiatan rutin di setiap tahunnya.

Kegiatan JOTA – JOTI yang dilaksanakan pada hari Jumat, 16 Oktober sampai hari Minggu, 18 Oktober Tahun 2020 berbeda dengan kegiatan JOTA – JOTI di tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan adanya wabah COVID-19 yang mengharuskan kegiatan untuk tidak berkerumun, selalu jaga jarak, dan mematuhi protokol kesehatan. Namun hal ini tidak membuat semangat DKC Kebumen dan ORARI Lokal Kebumen padam, melainkan kami tetap melaksanakan kegiatan JOTA-JOTI tahun 2020 dengan penuh semangat dan saling bekerjasama. Pada tahun ini Kwartir Cabang Kebumen terdapat 3 (tiga) stasiun JOTA yaitu yang pertama stasiun JOTA Kwarcab Kebumen dengan callsign YH2AJF, kemudian stasiun JOTA Saka Bhayangkara Polres Kebumen yaitu dengan callsign YH2AJFB, dan yang terakhir stasiun JOTA Kwaran Gombong dengan callsign YH2AJFZ.

Persiapan kegiatan JOTA-JOTI Tahun 2020 diawali dengan berkoordinasi bersama Kwarcab Kebumen dan ORARI Lokal Kebumen, kemudian pemasangan antena pada hari Rabu, 15 Oktober 2020. Antena yang kami pasang merupakan antena jenis Delta Loope dengan ketinggian 15 meter di atas ground. Setelah itu disusul dengan pemasangan perangkat Radio, dan jenis radio yang kami gunakan adalah Yaesu 80 C.

Pada tahun ini JOTA – JOTI Kwarcab Kebumen (YH2AJF) diikuti oleh 175 peserta yang terdiri dari 43 anggota Pramuka penggalang 118 anggota pramuka penegak dan 12 anggota Pramuka Pandega dengan penanggungjawab Kak Halim Dani Hidayat, SE (YB2TJV). Dalam kegiatannya mereka mendapatkan materi mengenai radio amatir secara daring yang diisi langsung oleh Kak Halim Dani Hidayat, SE (YB2TJV) mereka juga mendapatkan materi tentang literasi digital dari DKC Kebumen, dan terdapat forum yaitu sarasehan diakhir kegiatan. Pada stasiun JOTA Saka Bhayangkara Polres Kebumen terdapat 162 peserta dengan penanggungjawab Kak Heru Priyo Tenggono (YC2DBG) dan stasiun JOTA Kwaran Gombong diikuti oleh 26 peserta dengan penangungjawab Kak Teguh Purwanto (YC2DMG).

Apel pembukaan kegiatan JOTA-JOTI Tahun 2020 dilaksanakan pada Jumat, 16 Oktober 2020 tepat pada pukul 14.00 WIB yang dipimpin langsung oleh pembina apel yaitu ketua ORARI Lokal Kebumen Kak Halim Dani Hidayat, SE (YB2TJV) dengan peserta yaitu DKC Kebumen, Kwarcab Kebumen, anggota ORARI Lokal Kebumen, dan sebagian peserta yang dekat dengan lokasi/Sanggar Pramuka Kebumen. Sementara itu Roll Call dilaksanakan pada jam 15.00 WIB yang diterima langsung oleh Kak Dani.

Berbeda dengan JOTA – JOTI tahun sebelumnya, pada tahun ini yang menjadi operator JOTA adalah anggota DKC Kebumen yang didampingi secara langsung oleh anggota ORARI Lokal Kebumen. Tentu hal ini menjadi moment spesial bagi kami dimana komunikasi antara anggota DKC Kebumen, dan anggota ORARI Lokal Kebumen terjalin semakin erat, banyak canda tawa dan tentunya menambah ilmu yang sangat bermanfaat. Sedangkan untuk peserta melaksanakan JOTI di rumah masing-masing, dan mengumpulkan hasil JOTI melalui google form yang dikumpulkan 1 hari sekali pada malam hari.

Hal yang luar biasa terjadi disela-sela kegiatan JOTA tahun ini yaitu + pukul 11.15 WIB tiba-tiba radio kami mengalami kendala yaitu adanya layang-layang yang tersangkut ke antena. Dengan kejadian ini kami melakukan perbaikan dengan mengambil layang-layang yang tersangkut dan melakukan pendekatan yang baik kepada anak-anak yang sedang bermain layang-agar berpindah lokasi atau tidak mendekati antena. Dan Syukurlah anak-anak mau mengerti mereka juga berterimakasih kepada kakak yang telah mengambilkan layang-layangnya.

Pada tahun ini stasiun JOTA yang bertempat di Kwarcab Kebumen dengan callsign YH2AJF mendapatkan 50 stasiun JOTA dan JOTI mendapatkan … JID, stasiun JOTA Saka Bhayangkara Polres Kebumen mendapatkan 47 stasiun JOTA dan JOTI mendapatkan 4890 JID.(\tfb)

source/foto: https://oraridaerahjateng.or.id/
Kontributor Berita : ORARI Lokal Kebumen – YD2KFF