ORARI Lokal Bojonegoro Mendampingi KWARCAB Bojonegoro Pada JOTA 2020

Jakarta (20/10). Bertempat di SMA PGRI Padangan, Kwarcab Bojonegoro mengadakan Jamboree On The Air (JOTA) Nasional ke-83 dan Jamboree On the Internet (JOTI) Nasional ke-41 Tahun 2020 mulai tanggal 16-18 Oktober 2020, berdasarkan surat Gerakan Pramuka Kwartir Nasional Nomor 0358-00-N tanggal 9 Oktober 2020.

Kegiatan ini diikuti oleh 24 Penegak Pandega Kwarcab Bojonegoro yang didukung penuh oleh ORARI Lokal Bojonegoro berdasarkan Radiogram ORARI Pusat Nomor RDG-015/OP/WKU/X/2020 tanggal 11 Oktober 2020 dan dengan Izin Khusus Amatir Radio yang diterbitkan oleh DIREKTUR JENDERAL SUMBER DAYA DAN PERANGKAT POS DAN INFORMATIKA (SDPPI) KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA RI dengan nama panggilan YH3AJW, YH3AJWA dan YH3AJWB.


JOTA JOTI 2020 Kwarcab Bojonegoro dibuka langsung oleh Wakil Ketua Bina Muda Kwarcab Bojonegoro, Musyafak, M.Pd.I dengan ditandai pemakaian hasduk pada Ketua ORARI Lokal Bojonegoro, YG3ALI. Pada kesempatan itu disampaikan rasa terima kasih pada ORARI Lokal Bojonegoro yang mendukung dan memfasilitasi keperluan peralatan radio komunikasi untuk JOTA tersebut.

Disamping itu Ketua ORARI Lokal Bojonegoro, YG3ALI juga menyerahkan masker eksklusif pada Wakil Ketua Bina Muda Kwarcab Bojonegoro dan Ketua Kwarran Padangan sebagai bentuk mendukung pemerintah pada pencegahan penularan Covid-19.

Selain belajar berkomunikasi melalui radio HF (high frequency) dan VHF (very high frequency) serta melalui Satelit Amatir LAPAN A2/LAPAN ORARI (IO-86), ORARI Lokal Bojonegoro membuat inovasi mengadakan lomba “mengirim kode morse, “decode gambar dari satelit / SSTV (slow scan television)” dan “desain QSL Card” untuk para peserta.

Adapun pemenang lomba sebagai berikut :
1. Desain QSL Card :
a. Juara 1 : Rana Rizky Amalia
b. Juara 2 : Siti Sundari
2. Kirim Kode Morse :
a. Juara 1 : Nawa Putra Widyatmoko
b. Juar 2 : Radhifa Setyaji
3. Decode SSTV
a. Juara 1 : Harni Soimah
b. Juara 2 : Latifa

Pada kesempatan ini Ketua ORARI Lokal Bojonegoro YG3ALI juga memanfaatkan kesempatan untuk mengikuti materi Jurnalistik sebagai peserta, menurutnya “ilmu jurnalistik seharusnya juga dimiliki oleh anggota ORARI”. Sebagai pemateri Jurnalistik adalah Ketua Kwarran Padangan, Said Edy Wibowo, S.Pd., M.M.

Selama tiga hari semua kegiatan berjalan lancar dan para peserta terlihat kegembiraannya setelah menerima pengalaman baru, bisa berkomunikasi melalui radio sesama anggota Pramuka dari berbagai daerah. Dan secara tidak langsung bila sudah mahir berkomunikasi melalui radio, disuatu saat bila terjadi musibah atau bencana alam yang tidak kita inginkan adik-adik pramuka bisa berperanserta ambil bangian.

Kemudian pada hari Ahad siang tanggal 18 Oktober 2020 JOTA JOTI 2020 Kwarcab Bojonegoro ditutup oleh Kepala Pusat Diklat Cabang Bojonegoro, M. Jian S, M.Pd.

Tulisan ini sekaligus sebagai laporan kepada Ketua dan Sekretaris ORARI Daerah Jawa Timur.

kontributor berita : ALI MURKHAMID, S.SOS – YG3ALI