ORARI Lokal Bantaeng Mendampingi Kegiatan JOTA 2020 di Kec.Uluere Ka.Bantaeng

Kegiatan Jamboree On The Air ( JOTA ) tahun 2020 yang berlangsung mulai tanggal 16 Oktober 2020 sampai dengan 18 Oktober 2020 untuk tingkat Kwartir Cabang Kabupaten Bantaeng dilaksanakan di Kawasan Wisata Hutan PINUS ROMBENG 2 Kecamatan Uluere Kabupaten Banteng yang di ikuti sekitar 35-an orang peserta Pramuka dari berbagai sekolah seperti SMA Negeri 4 Bantaeng, SMA Negeri 3 Bantaeng, SMK Negeri 2 Bantaeng, SMK Negeri 3 Bantaeng, MA DDI DARUN NAJAH Bantaeng, MA AL_MASYUR BIANGLOE Bantaeng ditambah 10 orang dari perwakilan DKR Bantaeng, DKR Pa’jukukang, DKR Tompobulu, kakak-kakak Pembina dari Kwarcab Bantaeng serta 7 orang dari Unsur anggota DPP dan pengurus ORARI Lokal Bantaeng.

Kegiatan JOTA Tahun ini cukup special dikarenakan dilakukan diluar ruangan/outdoor serta perkemahan selama 2 hari dari tanggal 17-18 Oktober di kawasan wisata Hutan Pinus Rombeng 2 yang berada di ketinggian sekitar 1500 mdpl.

Sebelumnya pada tanggal 16 Oktober jam 13:30 Wita dilakukan pembukaan kegaitan JOTA 2020 di Aula Kantor Kecamatan Bantaeng yang dibuka langsung oleh Wakil Ketua Kwarcab Bantaeng Kakak BAHARUDDIN S. Ip, MM yang dilanjutkan dengan pembekalan. Dalam Pembekalan tersebut terdapat 3 materi pelatihan yang diajarkan kepada adik-adik pramuka dengan pembawa materi pembekalan yakni ENDI BUDI UTOMO, SE callsign YC8FXI.

Adapun ketiga materi pembekalan tersebut adalah Tata Cara Melakukan Komunikasi Radio yang dilanjutkan dengan Praktek bekomunikasi JOTA dengan menggunakan frekwensi 145.490 MHz yang merupakan frekwensi call ORARI Lokal Bantaeng. Lalu materi (2) Pengenalan Komunikasi Satelit IO-86 yang dilanjutkan dengan praktek membuat Antena CJU untuk menerima signal satelit IO-86 dan materi ke (3) Pelatihan SSTV yang dirangkaikan dengan Praktek menerima gambar image SSTV dengan menggunakan frekwensi call 145.490 MHz.

Turut terlibat langsung Ketua ORARI Lokal Bantaeng Bapak ARMAWANSYAH callsign YC8FIT sebagai Koordinator Teknis JOTA 2020 yang didampingi oleh Ketua DPP Orlok Bantaeng Bapak Drs. Yusuf Badjido, M. Si callsign YB8GZT, Bapak Syamsul Rewa, SKM callsign YB8ASB dan anggota Orlok bantaeng lainnya seperti Suryadi Rahim, SH callsign YC8BDS, Rabiatul Adawiyah YD8HGR, Wahyuddin Rahim, S. Pd callsign YD8AZN.

Turut hadir dalam kegiatan JOTA 2020 di kabupaten Bantaeng, om Ancu YB8DNT ( Sekretaris Orari Lokal Makassar Timur) yang kebetulan beraktivitas disekitar kota Bantaeng dan berkesempatan ikut hadir dan menyaksikan pula dalam kegiatan JOTA 2020 di kawasan Wisata Hutan Pinus Rombeng 2.

kontributor berita : Endi Budi Utomo / YC8FXI