Gerakan Pramuka Kwarcab Merauke, Gelar Agenda Tahunan Bersama ORARI

STRATEGINEWS.co, Merauke – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Merauke, menggelar kegiatan agenda tahunan, bersama ORARI Lokal Merauke.

Kegiatan tahunan yang telah dilaksanakan selama 3 tahun berturut turut di kabupaten Merauke ini merupakan agenda nasional yang disebut Jambore On The Air dan Jambore On The Internet (JOTA JOTI)

Dalam pembukaan JOTA JOTI yang dilaksanakan di halaman rumah Ketua ORARI Lokal Merauke, dihadiri oleh Kepala Distrik Tanah Miring, Sekretaris dan Bendahara Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Merauke, Andalan SAKA, Andalan HUMAS, Ketua Dewan Kerja Cabang Merauke, Ketua Perwakilan Wilayah Film Maker and Journalist Papuan Voices Merauke, dan Ketua DPD PWRI Provinsi Papua.

Dalam sambutannya ketua ORARI Lokal Merauke mengatakan, bahwa agenda tahunan ini merupakan kesempatan yang baik kepada adik adik Pramuka, karena untuk dapat berbicara di radio harus memiliki callsign, namun dengan adanya JOTA JOTI ini anggota Pramuka diberikan kesempatan dan kemudahan untuk belajar tentang tata cara berkomunikasi dalam menggunakan radio, karena dalam kegiatan ini setiap anggota Pramuka baik dari dalam Negeri maupun luar Negeri akan bertemu dan saling bertukar Informasi tentang kePramukaan.

Sekretaris Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Merauke dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam kesempatan yang sangat baik ini, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada ORARI Lokal Merauke yang telah memfasilitasi kegiatan JOTA JOTI ini, sehingga dalam 3 tahun terakhir Kwarcab Merauke bersama anggota Pramuka ikut berpartisipasi dalam Jambore On The Air yang dilaksanakan serentak di seluruh Negara.

Ia berpesan kepada anggota Pramuka agar dapat memperhatikan dengan baik semua materi yang disampaikan agar dalam pelaksanaannya bisa berjalan baik dan berkelanjutan.

Sementara, Frans Sabubun selaku penanggung jawab kegiatan menuturkan, kegiatan JOTA JOTI ini merupakan agenda nasional antara ORARI dan Pramuka, sehingga dalam setiap tahunnya pada bulan Oktober kegiatan ini akan dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia dan Manca Negara.

Dari Kiri Moses Hoor (Andalan Cabang Urusan Satuan Karya), M. Ali Rahayaan, S.Sos MM (Ketua Orari Lokal Merauke), Firmansyah (Ketua DPD PWRI Provinsi Papua) Christian R.Wallong, S.Sos (Sekretaris Kwarcab Merauke), Purwanto,ST (Andalan Cabang Urusan Pengabdian Masyarakat) ilkaresky Patasik ( Andalan Cabang urusan Keuangan), Frans Sabubun (Sekretaris Orari Lokal Merauke)

” ORARI Lokal Merauke dan Gerakan Pramukan Kwartir Cabang Merauke telah melaksanakan JOTA JOTI sejak tahun 2017, di tahun 2020 kami laksanakan juga walaupun masih dalam situasi pandemi, kami tetap memperhatikan standar Protokol Kesehatan,” terang Frans.

Selain JOTA JOTI, kata Frans, adik adik Pramuka juga melakukan perkemahan Jumat Sabtu Minggu, karena tempat kegiatan yang cukup jauh dari tempat tinggal mereka, sehingga faktor keselamatan menjadi prioritas utama.

Dalam pelaksanaannya Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Merauke yang direncanakan akan melakukan Komunikasi Perdana sebagai acara Pembuka JOTA JOTI 2020 dengan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Nasional tidak dapat dilaksanakan karena faktor alam/propogasi.

Stasiun Induk JOTA JOTI 2020 Gerakan Pramuka Kwartir Nasional di Cibubur , Jakarta Timur dengan Panggilan YH0J dengan operator Kak Adyatma – YB0GOF pada pukul 01.11 WIT akhirnya dapat menyalami adik adik Pramuka dari Kwarcab Merauke, dalam komunikasi tersebut antara Cibubur dan Merauke tidak mengalami kesulitan sehingga komunikasi pada saat ini dapat berjalan baik sekitar kurang lebih 30 menit.

Ketua Dewan Kerja Cabang Merauke jdiberikan kesempatan untuk bertukar informasi dengan Dewan Kerja Nasional Kak Atra (Ketua Korwil Wilayah Timur) tentang Pramuka.

Aulia Siswa Asal SMA Negeri 1 Kurik melakukan Komunikasi dengan Stasiun dari Afrikas Selatan

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Merauke dengan Callsign YH9UJBZ berhasil melakukan kontak dengan anggota Pramuka diseluruh Indonesia dan beberapa Negara antara lain Canada, New Caledonia, Alaska, Afrika Selatan, Italy, Canary Island, Selandia Baru, Amerika Serikat, Montserrat dan Australia.

Laporan : Frans Sabubun

source/foto :https://strateginews.co/2020/10/19/gerakan-pramuka-kwarcab-merauke-gelar-agenda-tahunan-bersama-orari/