Gandeng ORARI Lokal Bukittinggi-Agam Kwarcab Kota Bukittinggi Mengikuti JOTA dan JOTI Tahun 2020

RMT, Bukittinggi: Kegiatan Jamboree On The Air (JOTA) Nasional ke-83 dan Jamboree On the Internet (JOTI) Nasional ke-41 Tahun 2020 yang diadakan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, kegiatan ini diikuti anggota Gerakan Pramuka yang terhimpun di dalam 34 kwartir daerah bersama Pramuka dari seluruh dunia. Dengan melakukan Roll Call para penanggung jawab JOTA, berlangsung selama 3 hari dimulai dari tanggal 16 hingga 18 Oktober 2020 di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta.

Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar, S.IP, M.AP dalam amanahnya kepada seluruh para Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka dan Para Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia berpesan bahwa pada kegiatan ini dianjurkan agar selalu mengutamakan protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19.

H.Yuen Karnova,SE Ketua Kwarcab Kota Bukittinggi yang juga sebagai Ketua Panitia JOTA dan JOTI tahun 2020 melalui Husni Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Kota Bukittinggi, Sabtu (17/10/2020) di sekretariat Kwarcab setempat, menjelaskan, pada kegiatan JOTA menggunakan komunikasi radio dan JOTI menggunakan internet di salah satu aplikasi yang dipergunakan pramuka di seluruh dunia untuk saling bertemu. Kegiatan jambore ini dibuka Abdimasgana dari Kwartir Daerah, Jumat sore (16/10/2020).

Jambore JOTA dan JOTI ini merupakan pertemuan pramuka di daerah, nasional maupun internasional, bertemu hanya di udara menggunakan komunikasi radio dan jaringan internet, jadi berbeda dengan kegiatan jambore lainnya. Kwarcab Kota Bukittinggi Alhamdulillah tiap tahun mengikuti kegiatan ini, dikarenakan pandemi Covid-19 hanya beberapa peserta saja yang diundang untuk mengikutinya.

Kwarcab Kota Bukittinggi bekerjasama dengan Orari Lokal Bukittinggi-Agam untuk menjelaskan penggunaan komunikasi radio dan juga teknik radio, tentunya mengikuti protokol kesehatan, ucap Husni.

Sedangkan Syahrul Junaidi, SH dengan call sign YB5AJO Ketua Orari Lokal Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam mengatakan untuk kegiatan JOTA, Orari Lokal Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam membawahi dua Kwarcab, yaitu Kwarcab Kota Bukittinggi dengan sandi YH5AJK dan Kwarcab Kabupaten Agam dengan sandi YH5AJO. Alhamdulillah Kwarcab Kota Bukittinggi kini telah memiliki peralatan komunikasi radio lengkap.
Dijelaskan Ajo sapaan akrab Syahrul Junaidi, bahwa Orari mendampingi, mengedukasi dan memberikan arahan tata cara bagaimana berkomunikasi dengan baik. Pandemi Covid-19 dibatasi jumlah anggota pramuka yang mengikutinya karena mengutamakan protokol kesehatan guna memutus mata rantai covid-19.

Jika terjadi musibah bencana alam, adik-adik pramuka peduli ini langsung membantu di lokasi bencana. Jadi dengan telah diserapnya ilmu cara berkomunikasi yang diberikan, sehingga dapat membantu memberikan informasi dengan cepat melalui komunikasi radio. Prinsip dari radio amatir adalah “berkomunikasi dengan watt yang sekecil mungkin, dengan jangkauan sejauh mungkin”, jelas Ajo.

Pada kesempatan tersebut Ketua Orari Lokal Kota Bukittinggi-Kabupaten Agam bersama wartawan mengunjungi station JOTA JOTI Kwarcab Kabupaten Agam di MAN 3 Kubang Putih guna melihat dari dekat kegiatan yang dilakukan.

sumber : http://www.ranahminangterkini.com/2020/10/gandeng-orari-lokal-bukittinggi-agam.html