Repeater FM ISS 437.800 MHz Diaktifkan

International Space Station – Image Credit NASA

Pada 01:02 GMT 2 September repeater radio amatir FM lintas band dengan downlink pada 437.800 MHz telah diaktifkan di International Space Station (ISS).

Pengumuman Radio Amatir di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ARISS) berbunyi:

Tim ARISS dengan bangga mengumumkan bahwa penyiapan dan pemasangan elemen pertama dari sistem radio generasi berikutnya telah selesai dan pengoperasian radio amatir dengannya sekarang sedang berlangsung. Elemen pertama ini, yang dijuluki Inter Operable Radio System (IORS), dipasang di modul Stasiun Luar Angkasa Internasional Columbus. IORS menggantikan sistem radio Ericsson dan modul paket yang semula disertifikasi untuk penerbangan luar angkasa pada 26 Juli 2000.

Pengoperasian awal sistem radio baru ini dalam mode FM cross band repeater menggunakan frekuensi uplink 145.990 MHz dengan access tone [CTCSS] 67 Hz dan frekuensi downlink 437.800 MHz. Aktivasi sistem pertama kali diamati pada 01:02 UTC pada tanggal 2 September. Operasi khusus akan terus diumumkan.

IORS diluncurkan dari Kennedy Space Center pada 6 Maret 2020 dengan misi pengisian ulang SpaceX CRS-20. Terdiri dari transceiver JVC Kenwood D710GA khusus yang dimodifikasi di luar angkasa, catu daya multi-voltase yang dikembangkan ARISS dan kabel interkoneksi. Desain, pengembangan, fabrikasi, pengujian, dan peluncuran IORS pertama merupakan pencapaian teknik luar biasa selama lima tahun yang dicapai oleh tim relawan perangkat keras ARISS. Ini akan memungkinkan kemampuan baru yang menarik bagi operator radio ham, pelajar, dan masyarakat umum. Kemampuan termasuk radio daya yang lebih tinggi, repeater suara, kemampuan radio paket digital (APRS) dan sistem televisi pemindaian lambat (SSTV) Kenwood VC-H1.

IORS kedua menjalani sertifikasi penerbangan dan akan diluncurkan nanti untuk dipasang di modul Layanan Rusia. Sistem kedua ini memungkinkan operasi ganda dan simultan, (misalnya pengulang suara dan paket APRS), memberikan beragam peluang bagi amatir radio. Ini juga menyediakan redundansi di orbit untuk memastikan operasi berkelanjutan jika terjadi kegagalan komponen IORS.

Upaya pengembangan generasi berikutnya terus berlanjut. Untuk IORS, suku cadang sedang diperoleh dan total sepuluh sistem sedang dibuat untuk mendukung penerbangan, suku cadang penerbangan tambahan, pengujian darat dan pelatihan astronot. Elemen sistem radio generasi berikutnya termasuk kemampuan uplink repeater L-band, yang saat ini sedang dalam pengembangan, dan penerbangan Raspberry-Pi, dijuluki “ARISS-Pi,” yang baru saja memulai fase desain. ARISS-Pi menjanjikan otonomi operasi dan operasi SSTV yang ditingkatkan.

ARISS dijalankan hampir seluruhnya oleh sukarelawan, dan dengan bantuan kontribusi dermawan dari sponsor dan individu ARISS. Donasi ke program ARISS untuk pengembangan perangkat keras generasi berikutnya, operasi, pendidikan, dan administrasi dipersilakan – kunjungi https://www.ariss.org/donate.html untuk berkontribusi pada upaya ini.

ARISS – Merayakan 20 tahun operasi radio amatir yang berkelanjutan di ISS!

sumber : https://amsat-uk.org/2020/09/02/iss-fm-repeater-activated/?fbclid=IwAR0zBanHIHQJVBBU0w7BouK6zffOg2yiNf7RjlX8roYG6SxWQjRGxUuEX7c