Summits On The Air (SOTA) YB1TIA (YBJ/BT-018)

Rabu 02 September 2020. Pada umumnya kegiatan amatir radio melakukan DXing dari stasiun dirumah atau melakukan diluar rumah dengan menempatkan stasiun radionya di suatu pulau (IOTA) dan memancar dari pulau tersebut, ada satu kegiatan amatir radio yang dilakukan dengan melakukan komunikasi radio (QSO/memancar) dari puncak sebuah gunung, aktifitas ini dikenal sebagai Summits On The Air (SOTA).

Untuk pertama kalinya di Indonesia ada operator amatir radio wanita (Young Lady), Tia Atiah – YB1TIA, melakukan kegiatan aktivasi Summit On The Air (SOTA) dengan mengambil lokasi di gunung Salak Merak Banten, Jawa Barat (YBJ/BT-018) didukung dan didamping rekan-rekan amatir radio dari ORARI Lokal Serang dan ORARI Lokal Cilegon, pada 29 Agustus 2020.

Tia Atiah – YB1TIA berhasil melakukan kontak QSO pada SOTA di frekuensi 7MHz, 14 MHz dan 144MHz dengan Mode Phone dan CW dengan hasil 37 QSO total point 2 seperti tercantum pada Log activator YB1TIA yang dapat dilihat di https://summits.sota.org.uk/search-results/YBJ/BT-018.

sumber : facebook.com/tia.atiah.9
https://summits.sota.org.uk