ORARI Lokal Gombong Bantu Siswa SDN 3 Sukomulyo Kegiatan Belajar Jarak Jauh

Rabu, 26 Agustus 2020. Dampak dari CoVid – 19 yang dirasakan menyeluruh hingga ke berbagai sektor, seperti perekonomian dan pendidikan. Hal ini juga yang dirasakan oleh siswa-siswi kelas SDN 3 Sukomulyo, mereka kesulitan untuk belajar jarak jauh dalam jaringan karena terbatasnya alat prasarana dan biaya yang ada. Mereka juga tidak bisa menerima penjelasan materi secara penuh karena guru hanya bisa mengirim materi untuk dipelajari sendiri melalui media sosial atau platform belajar online lainnya.

Young On The Air (YOTA) ORARI Lokal Gombong bersama dengan Kabag Organisasi dan Pendidikan ORARI Lokal Gombong, memutuskan untuk turun langsung ke lapangan dan ikut membantu siswa-siswi SD N 3 Sukomulyo Kecamatan Rowokele Kab. Kebumen dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar jarak jauh menggunakan alat komunikasi radio seperti HT.

YOTA ORARI Lokal Gombong yang terdiri dari beberapa anak muda ini membantu mulai dari pendirian antena sebagai base station di SD N 3 Sukomulyo hingga memberikan arahan kepada adik-adik siswa/siswi bagaimana cara penggunaan HT dengan baik dan benar. Bantuan ini pun ditanggapi sangat baik, dan adik-adik sekolah dasar ini sangat antusias untuk belajar menggunakan radio karena ini merupakan suatu hal yang baru bagi mereka.

Dengan pembelajaran jarak jauh menggunakan radio tentunya guru dalam menjelaskan materi akan lebih mudah dan leluasa karena tidak adanya batasan kuota dan tidak akan terkendala oleh jaringan yang buruk sehingga murid dalam menerima materi juga akan lebih jelas dan dapat mengerti dengan baik.

Adik-adik SDN 3 Sukomulyo ini untuk seterusnya akan mendapatkan pendampingan dari Bapak Tri YD2LRH selaku guru dan anggota ORARI.
Semoga dengan adanya bantuan seperti ini dapat meringankan beban biaya seperti kebutuhan untuk membeli kuota dan adik-adik kita dapat menerima penjelasan yang lebih jelas terkait materi pelajaran di sekolah melalui radio yang sudah ada dan semoga nantinya semakin banyak rekan-rekan lain yang dapat membantu seperti adik-adik kita di lain tempat.

sumber:facebook.com/vincentius.clunthus