Bimbingan Teknik Komunikasi Satelit ORARI Lokal Banjarnegara

Minggu 16 Agustus 2020, Organisasi Amatir Radio Indonesia Daerah Jawa Tengah Lokal Banjarnegara menyelenggarakan Bimbingan Teknik Pengenalan Komunikasi Satelit.

Acara ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran teknologi satelit kepada anggota ORARI Lokal Banjarnegara, khususnya mengenai sistem komunikasi melalui satelit sebagai sarana komunikasi alternatif ketika terjadi bencana.

Selain pemaparan komunikasi satelit secara teori yang disampaikan oleh Havid Adhitama YD2CLX dan Wely Eko Raharjo YC2DSV, juga dilakukan peragaan tracking satelit LAPAN – A2/ LAPAN – ORARI (IO-86) mengunakan antena moxon dan radio genggam yang dilakukan di alun-alun Kota Banjarnegara, frekuensi satelit ini menggunakan 145.880 MHz FM voice uplink, 435.880 MHz FM voice downlink.

Dalam prakteknya telah berhasil komunikasi dengan beberapa stasiun amatir radio dari call area one, zero, five dan nine. Beberapa peserta telah mencoba komunikasi dengan pertukaran report dan ucapan selamat untuk terlaksananya Bimtek ini.

Ketua ORARI Lokal Banjarnegara Harsono Widjajanto YB2JXC mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat mengenalkan suatu sistem komunikasi yang dapat digunakan dengan praktis sehingga dapat menjadi sarana komunikasi alternatif, terutama dalam keadaan atau situasi darurat. Besar harapan disampaikan oleh Bapak Ketua Orari Lokal Banjarnegara semoga di masa mendatang rekan-rekan tetap bersemangat dalam kegiatan yang menambah ilmu dan ketrampilan seperti ini, kami menyampaikan banyak terima kasih kepada Pusat Teknologi Satelit LAPAN yang telah mendukung dengan memberikan slot VR khusus dan kepada seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan ini.(/tfb)

kontributor berita : ORARI Lokal Banjarnegara – YC2IAY
sumber/foto: https://oraridaerahjateng.or.id