CORE ORARI Lokal Kendal Bergabung Dalam Operasi SAR Di Kalikuto Kendal

Minggu (28/06/2020) sekitar pukul 22.30 WIB Seseorang berenang bolak balik dari arah barat ke timur di daerah aliran sungai (DAS) Kuto Dermaga Tawang Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari,Kendal. Seorang saksi Sumanto (L/35) alamat : Gempolsewu Randusari RT.01/ RW.01 dan Yusuf (L/46) alamat: Rejosari RT.01/RW.03 mengatakan survivor sudah diimbau petugas penyebrangan dan warga untuk menepi, namun yang bersangkutan tidak mengindahkan, lalu sesaat sebelum tenggelam yang bersangkutan berhenti di tengah sungai dan selanjutnya menurut penuturan saksi terdengar suara tersedak dari arah survivor lalu tenggelam.

Adapun ciri – ciri korban pada saat berenang menggunakan celanan jeans dan tidak memakai baju.

Mendapat laporan BPBD Kabupaten Kendal berkoordinasi dengan pihak POLSEK Rowosari melakukan assesment awal dengan mengidentifikasi korban yang diketahui bernama Herman Soleh, Jenis Kelamin : Laki – laki Usia : 25 Tahun dan beralamat : Lingkungan Kolangkaling RT.01 RW.02 Desa Wujil Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Kemudian Pemerintah desa bersama-sama warga setempat melakukan pemantauan sejak dini hari.

Senin (29/06/2020) BPBD Kabupaten Kendal melakukan upaya pencarian pada hari pertama bersama dengan BASARNAS Kansar Semarang dan relawan gabungan diantaranya;BASARNAS Kansar semarang,POLAIRUD,Koramil Rowosari,Polsek Rowosari,Pemerintah Kecamatan Rowosari,Pemerintah Desa Gempolsewu, KARS Kendal, ORARI Lokal Kendal, UBALOKA Kendal,SARDA Jateng,MDMC,SAR BUSER Semarang,GPK Kendal,PMI Kendal dan warga sekitar.
Operasi Pencarian dilakukan dengan tehnik tarik jaring dan disisir menggunakan 2 (dua) Rescue Boat.Setelah dilakukan dengan tehnik tarik jaring kemudian ops. SAR dilakukan dengan penyelaman oleh 2 personil BASARNAS.

Senin, 29 Juni 2020 pada Pukul 22.00 WIB Survivor sudah diketemukan di Dukuh Gentong, Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal oleh nelayan yang sedang menebar jaring dan survivor berhasil dievakuasi oleh relawan gabungan dan selanjutnya dilakukan visum di TPI Tawang oleh Puskesmas Rowosari 01. Dan selanjutnya Korban diantar ke rumah duka menggunakan ambulance, sekira Pukul 01.00 dini hari korban sampai di rumah duka.

Dengan diketemukan survivor, OPS SAR kejadian orang tenggelam di DAS Kuto Dermaga Tawang Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari dinyatakan di tutup dan tim gabungan kembali ke posko masing – masing.

Sumber resmi dari BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KABUPATEN KENDAL
sumber/foto: https://yd2tfb.wordpress.com