Peran ORARI Lokal Kendal Lawan Virus Covid-19

Saat ini dunia tengah di landa pandemi COVID-19. Pemerintah pun menghimbau masyarakat Indonesia untuk melakukan physical distancing, cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker dan tetap beraktivitas seperti belajar dan bekerja dari rumah untuk memutus rantai penyebaran pandemi COVID-19. Namun ditengah pandemi COVID-19, sebagian orang harus keluar rumah mencari nafkah bagi keluarganya karena tidak semua orang dapat melakukan dengan bekerja dari rumah, work from home (WFH). Tentu hal tersebut sangat beresiko untuk tertular virus yang telah banyak memakan korban jiwa. Apalagi virus ini telah banyak menyebar sampai di beberapa wilayah diantaranya Kabupaten Kendal.

Di tengah himpitan kebutuhan dan kelangkaan masker hingga harganya melambung Orari Lokal Kendal merasa merasa terpanggil untuk turut serta dalam memutus rantai penyebaraan virus covid-19 dengan memproduksi masker untuk dibagikan kepada masyarakat secara gratis agar tetap bisa melindungi diri untuk meminimalisir penyebaran virus ini.

Bekerja sama dengan,PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Kendal, GPK (Gerak Peduli Kendal) dan beberapa relawan yang ada di Kendal diantaranya Pecinta Alam KARS (Korp Anak Rimba Semesta),ERJE (Eart Renewable Junggle Environment) Kendal . Melalui Communication and Rescue (CORE) Orari Lokal Kendal membuat masker untuk dibagikan secara gratis dibeberapa wilayah dan secara bertahap.

Dengan memberdayakan keterampilan yang dimiliki beberapa anggota, pengerjaan pembuatan masker telah dimulai sebelum bulan Ramadhan, dengan menggalang material dari beberapa pengusaha konveksi dan mengumpulkan donasi dari berbagai fihak, relawan dan anggota ORARI di seluruh wilayah Kendal.

Sebelum pembagian ke masyarakat umum, hasil produksi pertama telah di berikan di beberapa desa melalui pemerintah desa atau Kades setempat. Salah satunya di Desa Triharjo Kecamatan Gemuh. Kepala Desa Triharjo menyampaikan rasa terima kasihnya saat penyerahan bantuan tersebut kepada Orari melalui Ketua Bidang Operasi dan Tekhnik Zulkarnaen SW, YB2FHI.

Target Pembagian masker gratis ini adalah 10.000 masker yang akan dibagikan secara bertahap dan tempat yaitu;

1. Traffic Light Sriagung Cepiring 14 Mei 2020
2. Pasar Galih Gemuh 14 Mei 2020
3. Kawasan Masjid Agung Kaliwungu 17 Mei 2020
4. Traffic Light depan Polsek Boja 21 Mei 2020
5. Sukorejo 28 Mei 2020
6. Weleri 1 Juni 2020

Jika target belum terpenuhi kegiatan akan dilanjutkan dengan menyesuaikan lokasi, dengan sasaran masyarakat umum, diantaranya pengguna jalan raya, pasar dan tempat keramaian lainnya kepada yang belum menggunakan masker.

Pembagian masker dilakukan sembari memberikan sosialisasi tentang manfaat penggunaannya kepada masyarakat umum, sekaligus mengarahkan agar taat pada himbauan dan anjuran pemerintah, antara lain tetap dirumah dan mejaga jarak serta menggunakan masker jika terpaksa harus keluar rumah. (_tfb)

sumber : https://oraridaerahjateng.or.id/blog/2020/05/15/peran-orari-lokal-kendal-lawan-virus-covid-19/