Pelatihan Desk Relawan Penanggulangan Bencana

Gugus Tugas COVID-19 mengajak masyarakat seluruh Indonesia untuk bergotong royong dalam menghadapi masalah bangsa berkaitan penanganan COVID-19. Mari kita berkolaborasi dan berkontribusi untuk bangsa dan kemanusiaan menjadi relawan dalam tugas menangani pandemic COVID-19.

Minggu 12 April 2020, BNPB mengadakan pelatihan online aplikasi Desk Relawan Penanggulangan Bencana via Zoom bagi Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI).

Begitu banyak peminat anggota ORARI yang mengikuti pelatihan online aplikasi Desk Relawan Penanggulangan Bencana via Zoom bagi ORARI ini menjadikan kapasitas yang disediakan untuk 500 peserta tidak lama langsung penuh , beberapa anggota ORARI yang mencoba masuk/login di aplikasi ZOOM ditolak karena kapasitas telah penuh, jadi harus menunggu beberapa saat jika ada anggota ORARI yang sign out/left dari ZOOM barulah bisa masuk di aplikasi ZOOM.

Video oleh Ida Bagus Putu Cakrawerdii 

Pelatihan online aplikasi Desk Relawan Penanggulangan Bencana via Zoom bagi Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) dimulai tepat jam 14:00 WIB, dibuka oleh Wakil Ketua Tim Desk Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) BNPB , Drs. Pangarso Suryotomo (biasa dipanggil dengan sebutan pak Papang), pelatihan dibagi menjadi 2(dua) Sesi, yaitu :

  1. Sesi I. Web Relawan
  2. Sesi II. Tata Cara Pendaftaran Relawan.
Web Desk Relawan https://deskrelawanpb.bnpb.go.id/

Pelatihan Sesi I. Web Relawan dibawakan oleh narasumber Pak Risky Juli- Dit.KS BNPB, menjelaskan tentang Web Desk Relawan, Report Laporan Relawan, Petakan Aksimu, Panduan Web Relawan, Protokol, Infografis dan sesi I. ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, dimana peserta pelatihan sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan seputar web relawan, diantara peserta yang menanyakan berbagai hal seputar web relawan ini peserta dari : ORARI Salatiga, ORARI Daerah Banten (ibu Tia-YB1TIA) dan ORARI Balikpapan (Bpk.Julius Adam).

Protokol Relawan Non Medis

Pelatihan Sesi II. Tata Cara Pendaftaran Relawan dibawakan oleh narasumber Muhammad Syarifudin (pak Syarif) BNPB, menjelaskan tentang tata cara mendaftar menjadi relawan pada web relawan, cara mengisi form relawan dan sesi II. diakhiri dengan sesi tanya jawab, diantara peserta yang menanyakan seputar tata cara pendaftaran relawan antara lain : ORARI Daerah Riau, ORARI Lokal Tawangmangu, ORARI Lokal Banjar-Jawa Barat dan ORARI Daerah Sulawesi Selatan.

Form Pendaftaran Desk Relawan

Pelatihan Desk Relawan Penanggulangan Bencana BNPB diakhiri dan ditutup pada pukul 16:25 WIB.

Pada sesi penutupan pelatihan Sekertaris Jenderal ORARI Pusat Suryo Susilo-YBØJTR memberikan arahan, bahwa ORARI Siap mendukung dalam Dukungan Komunikasi bagi Tim Desk Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019 (COVID-19), penetapan Admin bagi ORARI Daerah pada Web Relawan ini dapat menghubungi dan koordinasi lebih lanjut dengan OM Emir Yudha Amangku, YBØLBT, Ketua Bidang Operasi ORARI Pusat, HP/WA : 081283017676 dan diakhir arahannya Sekertaris Jenderal ORARI Pusat Suryo Susilo-YBØJTR menyampaikan ucapan Terima Kasih kepada seluruh anggota ORARI yang telah berpartisipasi pada Pelatihan Desk Relawan ini.

PANDUAN DESK RELAWAN

Loader Loading…
EAD Logo Taking too long?

Reload Reload document
| Open Open in new tab

Download Panduan Desk Relawan [771.22 KB]

sumber/foto/Panduan: https://deskrelawanpb.bnpb.go.id/

Bagikan Artikel ini :