ORARI Lokal Kebumen Ikut Tim COVID-19 Cek Point Perbatasan Kab.Kebumen

Jumat 3 Maret 2020, Dalam rangka antisipasi dan pencegahan penyebaran virus Corona di Kabupaten Kebumen, ORARI Lokal Kebumen bersama Instansi terkait lainnya yang tergabung dalam Tim COVID-19, melaksanakan kegiatan di Posko Cek Point Perbatasan Kabupaten Kebumen.

Posko Cek Point Perbatasan Kabupaten Kebumen ini untuk Screening pendatang arus mudik yang memasuki wilayah Kab.Kebumen, setiap orang memasuki wilayah Kab.Kebumen yang ada di dalam kendaraan diperiksa suhu tubuh dan jika didapati orang dengan kriteria ODP dan PDP maka dipasang gelang kode Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan pasien dengan pengawasan ( PDP).

Adapun kriteria PDP atau ODP, tetapi secara sederhananya bisa dimaknai seperti berikut.

  1. Pasien dalam pengawasan (PDP) PDP adalah mereka yang memiliki gejala panas badan dan gangguan saluran pernapasan. Gangguan saluran pernapasan itu bisa ringan atau berat, serta pernah berkunjung ke atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan Covid-19. Tidak hanya itu, PDP ini juga memiliki indikasi atau diketahui pernah berkontak dengan langsung dengan kasus yang terkonfirmasi atau probabel Covid-19.
  2. Orang dalam pemantauan ( ODP) ODP adalah mereka yang memiliki gejala panas badan atau gangguan saluran pernapasan ringan, dan pernah mengunjungi atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan virus tersebut. Selain itu, bisa juga orang sehat yang pernah kontak erat dengan kasus terkonfirmasi Covid-19.

kontribusi berita : Halim Dani-YB2TJV